pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

PANDEMI kini sudah mulai surut. Kegiatan kemasyarakatan sudah mulai semarak. Peringatan HUT ke 77 RI juga tampak hingar bingar. Masyarakat sudah mulai bangkit. Umbul umbul dan rontek, juga pengecatan pagar dengan dominasi warna merah putih tampak di mana mana. Sehingga hingar bingar memperingati ulang tahun kemerdekaan RI sangat berasa.

Tidak ketinggalan kampung Cebongan tepatnya RT 11 Cebongan, Dusun 4 Cungkuk, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Cebongan menggeliat dan cancut tali wandha mengadakan kegiatan. Yang cukup prestisius dan unik adalah saat tirakatan yang mau menghadirkan manusi tertua di Indonesia. Yakni perempuan sepuh sanget yang berasal dari Kulonprogo. Sosok yang cukup viral dan sempat tending topik, yaitu Mbah Parni.

Kehadirannya akan berbagi sebagai manusia yang hidup di berbagai jaman. Baik jaman penjajahan Belanda atau pra kemerdekaan, jaman kemerdekaan dan jaman paska kemerdekaan. Masyarakat Cebongan akan mendengarkan penuturan Mbah Parni di saat usianya menginjak kisaran 125 tahun ini sebagai wawarah yang sarat makna.

Kegiatan akan dilaksanakan Selasa, 16 Agustus 2022 jam 19.30 WIB di Kampung Cebongan RT 11. Akan di hadiri ssluruh warga baik anak anak, remaja, dewasa dan orang tua.

“Kita hadirkan Mbah Parni untuk bisa memberikan nasihat kepada kami yang butuh wewarah dari pinisepuh. Semoga pitutur luhur yang akan disampaikan bisa menjadi sangu bagi kami yang masih banyak butuh naaihat”, tutur Dr. Akhir Lusono selaku ketua panitia kegiatan.

Mbah Parni memang belakangan jadi narasumber dibeberapa kegiatan. Baik diundang kampus maupun juga warga masyarakat. Konon viralnya Mbah Parni didunia media sosial bermula dari adanya warga luar daerah yang mewawancarai dan mengunggahnya di media sosial. Ternyata mendapat sambutan yang luar biasa.

“Semoga Mbah Parni diberi kesehatan. Sehingga pas kita jemput nantinya bisa ngayahi dan tindak di kampung kami. Sehat sehat nggih Mbak Parni”, demikian Akhir Lusono memungkasi perbincangan dengan wartawan.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *