pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Pada Sidang MPR Tahun 2022, 16 Agustus 2022 Presiden Joko Widodo menghadiri sidang MPR tersebut dengan mengenakan baju adat dari Bangka Belitung. Pada bagian atas, Jokowi terlihat memakai jubah dan selempang dengan motif khusus. Sementara pada bagian bawah terlihat Jokowi mengenakan kain tenun cual khas Bangka Belitung berwarna hijau tua.

“Dikumpulkanlah baju-baju adat dari daerah-daerah yang belum pernah dikenakan Presiden. Dari sekian banyak busana adat tersebut, diseleksi hingga tinggal 3 buah. Untuk tanggal 16 Presiden memilih baju adat Paksian dari Bangka Belitung,” kata Sekretaris Pribadi Jokowi, Anggit Nugroho kepada wartawan, Selasa (16/8/2022).

Baju adat yang dipakai Jokowi ini terdiri dari jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang dan kain tenun cual khas Bangka. Sedangkan, untuk penutup kepala dipakaikan sungkon.

Pada baju tersebut, terdapat ornamen hiasan bermotif Pucuk Rebung. Baju adat ini aslinya berwarna merah, namun seiring perkembangan zaman warna baju menyesuaikan selera pemakainya.

“Baju adat ini diperoleh langsung dari perajin lokal di Bangka Belitung. Pihak Sespri menyampaikan ukuran baju dan celana Presiden, mereka yang menjahit dan menyiapkan baju beserta aksesorisnya dalam waktu sekitar 3 hari,” ujar Anggit.

Anggit menyebut Jokowi ingin menyampaikan pesan kerukunan dengan memakai baju adat Paksian dari Bangka Belitung. Hal ini sehubungan dengan makin dekatnya pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2024.

“Itu disimbolkan dari motif baju Pucuk Rebung yang bermakna kerukunan dan warna hijau yang menyiratkan kesejukan dan ketenangan,” tutur Anggit.

“Soal hijau-hijau ini juga nyambung dengan kerapnya Presiden Jokowi akhir-akhir ini bicara soal upaya Indonesia bertransformasi menuju ekonomi hijau, produk hijau, energi hijau, teknologi hijau, industri hijau yang saat ini telah menjadi trend global,” imbuh dia.

Selain itu, Jokowi terlihat memakai paksian atau mahkota khas pakaian adat Bangka Belitung. Sementara Iriana, istri Jokowi, terlihat hanya mengenakan kebaya bewarna pink. 

Sementara itu Wakil Presiden Ma’ruf Amin terlihat mengenakan baju adat khas Solo. Ma’ruf yang biasa terlihat memakai sarung dan jas, kini terlihat mengenakan beskap lengkap dengan blangkon dan keris pada bagian pinggang. 

Sejumlah pejabat secara bergantian memasuki Gedung Nusantara tempat Sidang MPR Tahunan. Mereka yang hadir itu seperti mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. 

Hadir pula Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, Hadi Tjahjanto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, hingga Duta Besar Ukraina untuk Indonesia. 

Kedatangan mereka terlihat disambut oleh Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mohammad Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto yang melakukan pengamanan sidang.

Dalam Sidang Nota Keuangan MPR ini, Presiden Jokowi sekaligus bakal membahas RUU APBN 2023. Sidang tahunan MPR ini akan diawali oleh pidato pengantar dari Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dilanjutkan dengan pidato dari Ketua DPR RI, Puan Maharani. Setelah itu Presiden Jokowi baru akan menyampaikan kinerja lembaga-lembaga negara selama setahun terakhir.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *