pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Labuan Bajo, 30 September 2022 — Mendukung perwujudan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) kembali menyelenggarakan kegiatan penguatan karakter Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila, di halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, pada Rabu (28/9). Sebelumnya, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo selaku Pembina OASE KIM juga menghadiri acara serupa di Banten dan Sragen.

Mengawali kegiatan, Ibu Negara mengajak anak-anak untuk mulai membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan melakukan simulasi cara membuang sampah yang benar dan demo cuci tangan dengan sabun di air mengalir. Acara menjadi semakin meriah saat Ibu Negara didampingi para ketua bidang OASE KIM membacakan dongeng kepada anak-anak.

Pada kesempatan ini, Ibu Negara membacakan dongeng mengenai huruf dan hewan. Acara semakin menarik dengan dilanjutkan sesi bertanya secara langsung kepada anak-anak yang sangat antusias menjawab. Tidak berhenti di sini, Ibu Negara juga melanjutkan aktivitas bersama anak-anak dengan bernyanyi dan bermain sebelum ditutup dengan berfoto bersama.

Ketua Bidang I, Bidang Pengasuhan dan Pendidikan Karakter OASE KIM, Franka Makarim, menuturkan bahwa kegiatan ini memang dikemas melalui serangkaian aktivitas menyenangkan dengan menekankan manfaat dari mendongeng untuk anak-anak. “Aktivitas mendongeng diyakini mampu menjadi sarana efektif dalam memberikan pengajaran dan pembelajaran yang akan berimbas pada pembentukan karakter anak,” jelas Franka.

Franka menambahkan, pembentukan dan penguatan karakter anak PAUD harus dibentuk sejak dini, agar sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

“Itulah mengapa Ibu Iriana berkomitmen terhadap upaya penguatan karakter anak dengan memberikan contoh membacakan dongeng kepada anak-anak setiap kali melakukan kunjungan kerja OASE KIM,” ucap Franka yang dalam kesempatan ini menyerahkan donasi berupa 150 paket buku bacaan untuk sekolah PAUD dan TK mewakili bidang I OASE KIM.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), Komalasari menuturkan, melalui kerja sama dengan Bidang I OASE KIM, Kemendikbudristek memberikan paket tas ransel berisi peralatan menggambar untuk para murid yang hadir.

“Semoga paket perlengkapan sekolah dan buku-buku ini dapat menambah semangat anak-anak kita untuk belajar dan bermain dengan lebih menyenangkan,” harap Komalasari.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *