pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Integrated Career Day 2022 pada Senin (24/10) dan Selasa (25/10). Acara tersebut merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh MGBK dengan beberapa instansi lainnya. Khusus tahun ini, acara tersebut bertempat di POLMAN Babel untuk pulau Bangka dan SMAN 1 Manggar untuk Pulau Belitung.

Terdapat beberapa kegiatan di acara Integrated Career Day yang bertempat di SMAN 1 Manggar yaitu: Expo Campus, Sospro Campus, dan Talkshow. Acara-acara tersebut berlangsung serentak selama dua hari. Tidak tanggung-tanggung, terdapat tujuh universitas yang ikut serta di kegiatan expo kampus. Sebut saja Universitas Bina Nusantara, Universitas Pertamina, Universitas Sanata Darma, Universitas Muhamadiyah Bangka Belitung, Telkom University, UNISA Jogja, dan Universitas Multimedia Nusantara. Setiap kampus tersebut menjelaskan tentang program studi, dan hal lainnya di stan-stan yang telah disediakan.

Selain expo kampus, rangkaian acara lainnya yaitu sosialisasi dan promosi (sopro). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bertujuan memperkenalkan setiap kampus. Mulai dari jurusan, program studi, biaya masuk, dan hal-hal lainnya. Berbeda dengan expo, sospro dilakukan dengan pemberian informasi yang lebih detail dari kampus kepada peserta yang datang. Sospro ini dilakukan didalam ruangan dan seluruh peserta dengan lebih santai dan dapat bertanya mengenai kampus tersebut.

Rangkaian terakhir kegiatan Integrated Career Day tersebut adalah talk show. Dalam hal ini ada tiga topik yang akan dibahas yaitu siap kuliah, siap kerja, dan siap usaha. Tiga topik tersebut disajikan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman  kepada seluruh peserta. Terutama tentang dunia perkuliahan, dunai kerja, dan dunia usaha yang biasa dilakukan oleh para peserta yang berasal dari perwakilan SMA/SMK/MA se Pulau Belitung tersebut.

Dibuka langsung oleh Bupati Belitung Timur, Integrated Career Day yang digelar bersamaan dengan Semarak Merdeka Berkarya SMAN 1 Manggar berlangsung meriah. Dalam sambutannya, Bupati Belitung Timur, Burhanudin sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh MGBK Provinsi Bangka Belitung dan SMAN 1 Manggar ini. Tidak hanya itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung juga menyampaikan hal yang sama. Menurut beliau, kegiatan seperti ini dapat membuka wawasan dan menumbuhkan ketertarikan siswa terhadap perkuliahan dan dunia usaha ataupun tantangan yang akan dihadapi di dunia kerja. Sedikit berbeda dengan penyelenggaraan Integrated Career Day di tempat lainnya, penyelenggaraan expo kampus di SMAN 1 Manggar memberikan kesempatan kepada setiap kampus untuk melakukan promosi di Podcast 4U.

“Alhamdulillah kegiatan hari hari ini berjalan dengan lancar dan sangat luar biasa”, ucap Ketua MGBK Babel, Windy Garini. “Terimakasih pula kepada pak Sabar dan SMAN 1 Manggar atas bantuannya sebagai tuan rumah.  Kami merasa sangat terapresiasi dan banyak belajar sesuatu yang baru di SMAN 1 Manggar.  Saya jujur takjub dan merinding dengan apa yang disajikan oleh sekolah ini. Terutama lewat acara ini kita semua juga tahu prestasi yang didapatkan oleh SMAN 1 Manggar dan kita semua juga bisa lihat kerjasama yang baik. Terutama kerjasama kepala sekolah, guru, dan siswanya untuk bahu membahu menyukseskan acara ini”, ucap Windy.

“Saya juga melihat sesuatu yang luar biasa dimana sekolah ini lewat Pak Sabar dapat merangkul seluruh stakeholder untuk dapat terlibat. Saya lihat orang tua, guru BK SMA/SMK/MA bahkan SMP/MTs dirangkul untuk menyukseskan acara. Hal ini yang tidak saya dapati di sekolah lain. Yah semoga di hari kedua nanti cuaca mendukung dan kegiatan ini dapat lebih sukses lagi. Sekali lagi terimakasih atas fasilitas dari SMAN 1 Manggar untuk MGBK Babel, sukses selalu”, ungkap Windy.

“Sama dengan bu Windy, pastinya saya sangat bersyukur kegiatan hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar”, ucap ketua pelaksana, Citra Resmi. Guru BK SMAN 1 Manggar ini berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung hingga acara ini dapat berjalan seperti yang direncanakan. “Tentunya kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dengan bantuan dari banyak pihak. Saya benar-benar mengucapkan terimakasih kepada ketua MGBK Babel ibu Windy dan seluruh guru BK yang telah membantu. Terkhusus untuk kepala SMAN 1 Manggar dan tentunya panitia yang sudah sangat bekerja keras untuk mempersiapkan acara ini. Semoga sampai besok acara ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat seperti yang kita harapkan bersama”, ucap Citra.

Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin juga menyambut baik kegiatan ini. “Pastinya saya sangat menyambut baik kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama MGBK dan SMAN 1 Manggar ini”, ucap Sabarudin. Kemudian beliau juga mengatakan kegiatan ini dapat memberikan kesempatan kepada peserta untuk dapat menggali informasi lebih lanjut mengenai dunia yang akan dihadapi oleh peserta didik pasca sekolah. Jadi nantinya mereka dapat lebih memahami dunia kuliah, dunia usaha, dan dunia kerja”, ucap Sabarudin.

“Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut kedepannya dan dapat diikuti oleh lebih banyak universitas di Indonesia. Dan tentunya semoga acara ini dapat memberikan banyak impact yang positif”, ungkap Sabarudin. Kemudian, beliau juga mengucapkan terima kepada pihak-pihak yang terlibat. Terimakasih juga kepada Bupati Belitung Timur, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pengawas, dan semua tamu undangan yang telah berkenan hadir”, pungkas Sabarudin.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *