pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Manggar, Beltim – Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin berhasil mengajak Sandy Ravael (13) kembali ke bangku sekolah. Ia pun turut mengantarkan Sandy menuju Sekolah Dasar Negeri 15 Manggar, Selasa (25/10).

Sandy merupakan anak putus sekolah yang ditemukan oleh Burhanudin saat menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia Beltim di Kantor Kecamatan Manggar beberapa  waktu yang lalu.

“Anak ini yang seharusnya duduk manis dibangku sekolah, tapi tidak pernah mengenyam dunia pendidikan. Kita cari latar masalahnya apa dan kita sekolahkan dia pada hari ini, alhamdulillah anaknya siap untuk bersekolah,” jelas Aan sapaan akrab Burhanudin.

Aan menjelaskan, hal ini merupakan program dari Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim hasil terjemahan dari salah satu visi misi Bupati dan Wakil Bupati Beltim yakni program Yuk Sekula dengan melibatkan seluruh lintas sektor terkait.

“Kita akan terus melakukan pendataan dan ini menjadi catatan kita untuk sama-sama mendorong mereka untuk kembali ke bangku sekolah. Tidak hanya anak SD tapi termasuk SMP dan SMA,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim Sarjano mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi ke desa-desa untuk mendata Anak Tidak Sekolah (ATS).

“Pendataan dengan berbagai klasifikasinya mungkin ada yang tidak tamat SD, ada yang tidak tamat SMP, SMA dan sebagainya itu kita dorong untuk bisa ke sekolah kesetaraan. Ada Paket A, Paket B, Paket C dan termasuk Paket Vokasi yang berkaitan dengan keterampilan,” ucapnya.

Menurutnya, pendidikan merupakan hak dan kewajiban anak bangsa sehingga orang tua mempunyai peranan penting untuk lebih peduli, turut mendukung dan mengawal pendidikan anak terlebih pada anak usia sekolah.

“Masa depan anak-anak kita itu sangat tergantung pada pendidikannya. Jadi orang tua harus lebih peduli, wajib untuk menyekolahkan anak-anaknya,” tutup Sarjano. (Ln)

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *