pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

BELITUNG TIMUR – Penangkaran rusa sambar di Tambang Besar Primer Batu Besi yang dikelola oleh PT Timah Tbk di Kabupaten Belitung Timur terus menunjukan hasil positif. Pasalnya, jumlah populasi Rusa Unicolor ini terus bertambah.

Seekor anak rusa sambar berjenis kelamin laki-laki lahir pada Senin (08/05/2023), anak rusa itu merupakan anak ke 3 yang lahir sejak rusa sambar itu ada di Penangkaran yang dikelola PT Timah Tbk.

Salah satu pekerja penangkaran Rusa Sambar, Ruslan mengatakan, semenjak rusa sambar sampai di penangkaran pada 1 Maret 2022 hingga saat ini perkembangbiakan dan pemeliharan rusa sambar itu berjalan baik.

Diantaranya, mereka mengatur pola makan dan selalu memperhatikan kondisi rusa-rusa, sehingga mereka terus menunjukan perkembangbiakan yang baik.

“Sampai saat ini tidak ada kendala yang berarti karna kami disini di bantu pengawasan dari PT Timah Tbk berkerjasama dengan Dokter hewan dan BKDSA Sumsel,” kata Ruslan.

Menurut Ruslan, keberhasilan memelihara rusa sambar itu tidak terlepas dari perhatian terutama pemberian makan yang cukup, pembersihan kandang dan perawatan serta pendekatan dengan rusa sehingga rusa jinak dan tidak liar.

Apalagi, Tahun 2023 ini sudah ada dua anak rusa yang lahir yakni pada Februari kemarin.

“Nah kemarin lahir anak rusa yang ketiga, dan proses kelahiran anak rusa ini secara alami pada hari senin sekitar pukul 11:30 WIB siang hari dalam kondisi selamat,” jelasnya.

Ruslan bersyukur kondisi anak rusa sambar yang baru lahir itu dalam keadaan sehat dan masih dalam pengawasan mereka.

Tak lama lagi kata dia, akan lahir kembali satu anak rusa sambar, karena saat ini sudah ada rusa yang hamil dan sudah ada tanda-tanda akan melahirkan di kandang penangkaran TB Batu Besi PT Timah Tbk di Kecamatan Damar Belitung Timur.

“Kondisi dua anak rusa yang lahir sebelumnya berkembang cukup baik dan sekarang sudah menjelang dewasa,” tandas Ruslan. (*)

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *