pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

BELITUNG TIMUR – PT Timah Tbk mendorong kelompok usaha bersama (KUB) olahan daun kelor “Moringa” Desa Mentawak, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur untuk terus berkembang sehingga bisa meningkatkan perekonomian anggota.

KUB Moringa memiliki produk andalan memproduksi tepung daun kelor, yang dipastikan bernilai gizi, sehingga menjadikan produk olahan mereka bernilai jual lebih.

PT Timah Tbk, hadir memberikan bantuan berupa alat penepungan untuk proses membuat daun kelor menjadi tepung kelor. Alat ini diharapkan dapat memudahkan KUB Moringa dalam memproduksi produknya.

Ketua KUB Moringa, Tri Eka Ningsih menyebutkan, perjalanan usaha mereka sudah berjalan Tahun 2008, namun belum memiliki rumah produksi sendiri.

Namun, pada saat wabah pandemi Covid-19, mereka mendirikan rumah produksi, guna mengolah daun kelor itu menjadi produk jajanan.

“Jadi kita mulai fokus saat Covid-19, sebab saat itu kita tidak bisa bekerja seperti biasanya, sehingga ada waktu di rumah,” katanya.

Tri menyebutkan, setelah wabah pandemi Covid-19 itu, mereka mengajukan proposal ke PT Timah Tbk, guna menambah alat produksi olahan daun kelor usaha mereka.

Selain itu, mereka juga memproduksi makanan olahan ikan, seperti nuget dan lain-lainnya, namun juga berbahan tambahan daun kelor.

“Kami mengajukan ke PT Timah Tbk untuk peralatan penepungan kelor, sebelumnya daun itu kami blender saja. Jadi bantuan tadi akan kami beli alat penepungan itu biar lebih halus,” jelasnya.

Tri juga menjelaskan, bahan daun kelor itu berupa bubuk kelor yang merupakan bahan tambahan dari produk mereka. Sehingga ada takaran tertentu untuk produk yang ada.

Awalnya, mereka menggunakan daun kelor itu ketika Desa Mentawak mengadakan lomba olahan dari katis, kelor dan katuk.

“Nah kita disuruh inovasi, kita coba olahan kelor basah hingga tepung kelor ternyata tepung kelor bisa diaplikasikan ke bolen dan punya ciri khas dari tempat lain,” bebernya.

Maka dari itu, ia menyebutkan, saat ini produk andalan mereka yakni bolen ori dan bolen kelor.

Pihaknya mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah membantu mereka dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, melalui bantuan alat tersebut.

“Semoga PT Timah Tbk terus berjaya dan bisa membantu UMKM lainnya nanti,” tandasnya.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *