• Home
  • Nasional
  • Lima Strategi Logistik Dua Brand Lokal Bandung untuk Performa Toko yang Lebih Cuan

Lima Strategi Logistik Dua Brand Lokal Bandung untuk Performa Toko yang Lebih Cuan

Image

 Logistik memegang peranan yang penting dalam mendukung kelancaran operasional sebuah bisnis. Hal ini yang diungkapkan oleh dua brand asal Bandung saat menjadi pembicara di Lazada Logistics Seller Engagement 2023 dengan tema “Satu Langkah Lebih Mudah Integrasikan Bisnismu dalam Satu Platform” yang berlangsung di Mercure Bandung City Centre pada Kamis (20/7).

Dalam acara ini, EIGER Adventure dan Geoff Max membagikan pengalaman dalam menjalankan operasional logistik untuk toko online mereka di hadapan ratusan peserta acara, yang terdiri dari UMKM dan pebisnis lokal asal Bandung.

“Sejalan dengan pertumbuhan bisnis EIGER Adventure, terutama pada bisnis online, kami juga menghadapi sejumlah tantangan, salah satunya dalam pengelolaan logistik. Mulai dari pengaturan arus barang di gudang penyimpanan hingga pengiriman sampai ke tangan pelanggan, semuanya membutuhkan manajemen logistik yang tepat.

Tujuannya adalah agar pemenuhan pesanan kepada pelanggan dapat terpenuhi secara tepat waktu dan seluruh biaya logistik bisa lebih efisien,” ujar Oscar Siregar, Digital Business Manager EIGER Adventure.

Senada dengan Oscar, Chief Financial Officer Geoff Max, Muhamad Sidiq mengatakan bahwa pengelolaan logistik juga menjadi tantangan dalam menjalankan operasional toko online mereka. “Bagi pebisnis lokal seperti kami, pengelolaan logistik jelas menjadi tantangan tersendiri. Kami tidak hanya harus memastikan semua pesanan bisa terpenuhi dan terkirim dengan aman, tapi juga harus memikirkan bagaimana penanganan barang dengan keterbatasan ruang penyimpanan yang kami miliki.”

Lalu, langkah apa saja yang dilakukan oleh EIGER Adventure dan Geoff Max untuk mengatasi tantangan pengelolaan logistik toko online mereka? Yuk, simak kata mereka!

1.Pilih penyedia layanan logistik menyeluruh yang berpengalaman dan terpercaya
Logistik berkaitan erat dengan sistem pengaturan dan pengiriman barang. “Jadi gunakan penyedia logistik yang tidak hanya sudah berpengalaman, namun juga memiliki sistem manajemen logistik yang andal dan menyeluruh, mulai dari penyimpanan barang hingga pengiriman ke pelanggan. Dengan demikian, kita terbebas dari kerepotan dalam proses pemenuhan pesanan dan bisa lebih fokus pada menentukan strategi bisnis,” ungkap Oscar.

2.Pertimbangkan penyedia layanan logistik yang memiliki jangkauan luas
Agar pengiriman logistik tidak mengalami keterlambatan dan pelanggan menerima barang dengan tepat waktu, Oscar mengatakan bahwa penting sekali untuk memilih penyedia logistik yang memiliki jaringan ke beberapa daerah. “Pembeli tak hanya di kota besar saja, tapi juga dari kota kecil. Menggunakan jasa logistik yang terintegrasi dengan sistem pengaturan transportasi yang terhubung dari satu titik ke titik lainnya menjadi sangat penting. Ini juga akan berdampak pada biaya pengiriman yang akan jadi lebih efisien.

3.Pastikan untuk memilih penyedia layanan logistik yang sudah mengadopsi teknologi
Sebagai negara kepulauan dengan infrastruktur logistik yang belum merata, Oscar juga mengatakan bahwa penggunaan teknologi yang terintegrasi dalam manajemen logistik menjadi penting. “Karena itu menjadi penting untuk memastikan pemilihan perusahaan logistik yang memiliki teknologi logistik terdepan. Automasi logistik akan menghemat waktu dan biaya, serta meningkatkan efisiensi. Terutama membantu kita dalam manajemen stok barang, memantau pesanan yang masuk, serta penjadwalan dan pelacakan pengiriman,” jelas Oscar.

4.Pilih perusahaan logistik yang memerhatikan keamanan barang
Selain faktor kecepatan pengiriman, keamanan barang juga menjadi perhatian Sidiq. “Selain barang yang dikirim ke pelanggan bisa diterima dengan cepat, kami juga ingin memastikan barang yang diterima dalam keadaan baik. Sehingga kami sangat memerhatikan sekali bagaimana tim dari penyedia layanan logistik mengemas dan menangani barang kami saat dikirim, karena kami ingin memastikan barang diterima pelanggan dalam keadaan baik,” ujar Sidiq. “Handle with care istilahnya.”

5.Fasilitas penyimpanan barang yang ditawarkan modern dan lengkap
Banyak pelaku usaha kecil dan brand lokal yang belum terpikir untuk menyiapkan gudang sendiri untuk penyimpanan barang. Padahal seiring dengan pertumbuhan usaha, biasanya mereka akan membutuhkan stok barang lebih banyak dan penyimpanan barang yang baik menjadi salah satu faktor penting dalam operasional sebuah toko online. “Jadi pastikan untuk memilih penyedia layanan logistik yang memiliki fasilitas penyimpanan yang mumpuni. Adanya fasilitas gudang yang didukung teknologi, termasuk sistem pemeliharaan kualitas barang akan membantu barang tersimpan dengan baik dan kualitas tetap terjaga,” ujar Sidiq. Tak perlu membangun gudang, menurut Sidiq, karena perusahaan logistik yang andal biasanya sudah menawarkan fasilitas ini, sehingga modal usaha bisa digunakan untuk investasi di area lainnya.

Berbagai langkah yang dipilih kedua brand ini sejalan dengan solusi yang ditawarkan oleh Lazada Indonesia melalui unit logistik, Lazada Logistics. Sebagai salah satu penyedia layanan logistik terdepan di Indonesia, Lazada Logistics menghadirkan layanan logistik terintegrasi dan menyeluruh dengan layanan Multi-Channel Logistics (MCL) bagi mitra brand dan penjual di Indonesia.

MCL menyediakan solusi pemenuhan pesanan secara terintegrasi agar brand dan penjual bisa mengembangkan bisnis secara lebih efisien. Seluruh penanganan, penyimpanan, pemenuhan dan pengiriman pesanan pelanggan akan dilakukan oleh Lazada Logistics, bekerjasama dengan mitra logistik pihak ketiga di seluruh Indonesia. Terlebih lagi layanan ini tersedia untuk pesanan pelanggan yang datang melalui Lazada ataupun platform penjualan lainnya. Di mana pun brand ataupun penjual memasarkan produknya,  layanan MCL siap untuk membantu.

“Layanan ini memungkinkan mitra brand dan penjual untuk menumbuhkan bisnisnya secara berkelanjutan karena mereka tidak direpotkan dengan masalah logistik yang membutuhkan modal dan biaya operasional yang tinggi. Brand dan penjual dapat fokus pada strategi pengembangan bisnisnya, sementara pengelolaan operasional logistik mereka akan ditangani dengan jaringan dan layanan logistik kami yang terintegrasi dan didukung oleh teknologi logistik terdepan,” kata Philippe Auberger, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia.

Lazada Logistics berkomitmen untuk memberikan solusi logistik terbaik dan akan terus berinovasi serta meningkatkan layanan untuk memenuhi kebutuhan brand dan penjual yang terus berkembang. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan yang disediakan oleh Lazada Logistics? Kunjungi logistics.lazada.co.id untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Tentang Lazada Logistics

Lazada Logistics, unit bisnis logistik dari Lazada Group, merupakan penyedia solusi terintegrasi dan terpercaya untuk brand  dan penjual di Asia Tenggara. Sebagai pelopor logistik e-commerce, kami menawarkan kemudahan layanan menyeluruh untuk bisnis, dan menghubungkan mereka dengan pelanggan yang tersebar di Asia Tenggara, salah satu wilayah terpadat di dunia yang tersebar secara geografis. Selama dekade terakhir, jaringan logistik kami telah membentuk lanskap e-commerce.

Mulai dari pengambilan paket dari brand atau penjual (first-mile pick up), penyimpanan dan pengepakan, hingga pengantaran paket ke pelanggan, kami menangani setiap paket dengan hati-hati. Infrastruktur dan jaringan logistik kami yang andal mencakup lebih dari 400 fasilitas gudang, pusat penyortiran dan hub, dengan lebih dari 80% dari total pengantaran paket first-mile ditangani oleh fasilitas kami sendiri. Kami memanfaatkan data dan teknologi untuk menyediakan layanan seperti jaminan pengiriman, pelacakan real-time, serta logistik cross-border. Besarnya infrastruktur dan jaringan Lazada Logistics memungkinkan kami untuk menawarkan biaya yang lebih efisien kepada brand dan penjual, menjadikan mereka menjadi semakin kompetitif. Inovasi kami memberikan pengalaman belanja online berkualitas, memberikan kemudahan untuk semua.

Share

Lima Strategi Logistik Dua Brand Lokal Bandung untuk Performa Toko yang Lebih Cuan – Media Daulat Rakyat