pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

BELITUNG – PT Timah Tbk bekerjasama dengan Sucofindo Semarang mendorong Kelompok Yanto dan Yanti (2Y) di Desa Badau, Belitung untuk mengembangkan produk olahan nanas.

PT Timah Tbk memberikan bantuan alat-alat produksi sekaligus melaksanakan pelatihan pengolahan produk nanas kepada Kelompok 2Y untuk membantu meningkatkan produksi olahan nanas asli Desa Badau, agar lebih dikenal oleh masyarakat Belitung dan Indonesia.

Ketua Kelompok 2Y, Zulyanti mengatakan, kelompok mereka beranggotakan sepuluh orang beralamat di Jln Hanandjoeddin, Desa Badau, Kecamatan Badau.

Sejak Tahun 2016 mereka telah memproduksi olahan dari nanas yakni dodol nanas. Selain, dodol nanas, mereka juga mulai mengembangkan produksi nastar.

“Kemarin dapat perlengkapan dari PT Timah Tbk untuk produksi dodol nanas dan nastar itu,” kata Zulyanti.

Menurut Zulyanti, pelatihan yang dilaksanakan PT Timah Tbk bekerjasama dengan Sucofindo itu sangat baik terutama dalam materi pengelolaan buah nanas seperti nastar dan bolu gulung.

“Alhamdulillah PT Timah Tbk terus mendampingi kami, tidak hanya diberikan bantuan tapi kami dipantau dan dibantu berbagai macam,” jelasnya.

Ia bersyukur, produk olahan nanas mereka terus berkembang dan eksis seperti dodol nanas, nastar dan bolu gulung.

Bahkan, produk andalan kelompok mereka dodol nanas saat ini ikut pameran di Tanggerang bersama stand Pemkab Belitung.

“Kemarin produk kita ikut pameran di Solo juga, Palembang juga dan saat ini ke Semarang,” sebutnya.

Zulyanti mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan PT Timah Tbk bersama Sucofindo. Apalagi, Pemdes Badau juga terus mensupport pelaksanaan pelatihan itu.

Sebab, selain pelatihan, mereka juga dibantu pemasaran produk melalui digital, seperti Facobook dan Instagram, sehingga mereka sangat terbantu oleh PT Timah Tbk dan Sucofindo itu.

“Materi juga mudah kita pahami, dan semoga setelah pelatihan ini produk kita laris dan terkenal,” bebernya.

Dengan adanya pelatihan ini kata dia, PT Timah Tbk telah berkolaborasi membantu kelompok mereka dalam mengembangkan produksi produknya.

“Kita harap PT Timah Tbk terus maju dan dapat terus mendukung usaha masyarakat, kami sangat bahagia itu diperhatikan oleh PT Timah Tbk,” tandasnya.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *