pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Pelabuhan Manggar di Belitung Timur memiliki peran yang sangat penting dalam menghubungkan pulau ini dengan dunia luar. Terletak di pesisir timur Belitung, pelabuhan ini berfungsi sebagai pintu gerbang ekonomi dan perdagangan bagi daerah ini. Kehadiran Pelabuhan Manggar memfasilitasi kelancaran distribusi barang, baik lokal maupun internasional, serta mendukung perkembangan industri dan pariwisata di wilayah ini.

Sebagai salah satu pulau di Kepulauan Bangka Belitung, Belitung Timur memiliki potensi ekonomi yang signifikan, terutama melalui sektor pertambangan, perikanan, dan pariwisata.

Pelabuhan Manggar memainkan peran sentral dalam menopang aktivitas ekonomi ini dengan menyediakan akses bagi kapal-kapal pengangkut barang dan pelancong yang ingin menjelajahi keindahan alam dan budaya Belitung Timur.

Selain berfungsi sebagai pusat ekonomi, Pelabuhan Manggar juga menjadi sarana penting dalam memperkuat konektivitas sosial dan budaya antara Belitung Timur dengan daerah lain di Indonesia dan dunia.

Dengan mendukung pertumbuhan ekonomi, perdagangan, dan pariwisata, Pelabuhan Manggar berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal serta mengangkat citra daerah ini dalam skala yang lebih luas.

Seusai dilantik menjadi Kadin Perhubungan Kabupaten Belitug Timur Amirudin (6/1-2022) mengatakan, akan menginventarisir dokumen-dokumen yang disiapkan oleh pejabat sebelumnya. Seperti Detail Engineering Design (DED) rencana induk pelabuhan serta dokumen lainnya ,berkenaan dengan rencana pembangunan atau pengembangan pelabuhan baik itu di Pelabuhan ASDP Manggar maupun di Pelabuhan Tanjung Rising Dendang.

Kemudian terkait dengan program Beltim Terang Benerang, menurutnya akan lebih difokuskan di dalam perkotaan sehingga hasilnya akan lebih terlihat.

“Nanti secara bertahap. Kami utamanya di persimpangan dan tempat keramaian serta titik-titik yang belum ada penerangan. Ke depannya juga akan berkolaborasi dengan camat setempat,” kata Amirudin

“Mohon dukungan utk rencana pengerukan alur sungai Manggar khusus nya agar kapal bisa masuk pelabuhan ASDP Manggar Belitung Timur”

Lebih lanjut Amirudin menyatakan mendorong lewat media agar Beltim segera terwujud pelabuhannya, peran pemerintah pusat dan provinsi sangat diharapkan karena dengan beroperasi kembali pelabuhan Manggar khususnya agar timbul geliat ekonomi dan konektivitas transportasi antara Jawa Belitung dan Kalimantan yang merupakan IKN

“Beltim sangat strategis jadi ini perlu di angkat jadi kebutuhan nasional bukan sekedar kepentingan daerah saja” Ujar Amirudin

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *