pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

MANGGAR – Kebakaran hutan/lahan karena faktor alam merupakan salah satu bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam yang dalam penanggulangannya sangat perlu dukungan banyak pihak baik pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten serta seluruh elemen masyarakat.

Beliadi, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selaku narasumber dalam kegiatan konsolidasi, komunikasi dan edukasi penanggulangan bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Babel di Gedung Serba Guna kantor Kecamatan Manggar Kabupaten Beltim, Selasa (07/11/2023) mengapresiasi sinergitas antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dalam penanganan bencana seperti saat penanganan penyebaran Pandemi Covid-19, begitu juga langkah-langkah kongkrit yang telah dilakukan dalam penanganan kebakaran hutan/lahan yang terjadi di Beltim beberapa waktu lalu.

“Saya selaku wakil rakyat dapil Belitung & Beltim di DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi kinerja BPBD Babel dan Damkar Beltim yang selama musim kemarau kemarin berjibaku bekerja di lapangan mengatasi serta mengurangi kebakaran hutan dan lahan, terkadang dari pagi sampai pagi lagi mereka bekerja untuk memadamkan api serta apresiasi juga disampaikan kepada seluruh elemen masyarakat yang tegak terlibat dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dari linmas, RT, RW, Kadus, Kades Camat di Beltim,” ujar Beliadi.

Dirinyapun menghimbau kepada masyarakat agar mengantisipasi apabila musim hujan tiba agar dilakukan gotong royong di lingkungan masing-masing melalui pemerintah desa bersama dengan masyarakat terutama pada saluran air dan sungai.

“Contoh yang ada yaitu di desa Sukamandi ada bekas galian PT. Timah loadingnya masih menyumbat dan menutup aliran sungai yang sudah menjadi langganan banjir setiap musim hujan agar dapat diatasi sebelum musim penghujan tiba karena akan berdampak pada sekitar 20an lebih rumah warga disana,” ujar Politisi Partai Gerindra ini.

Ditambahkannya juga agar kepada Kepala BPBD Babel dapat saling besinergi dan berkoordinasi juga dengan Damkar Beltim untuk dapat mengkoordinir dalam mendapatkan bantuan dari pusat untuk peralatan sarana prasarana pemadamam yang baru mengganti sarpras lama.

“Saya berharap sinergi terus dilakukan antara pemerintah baik eksekutif dan legislatif serta pemerintah kabupaten terkait dengan penanggulangan bencana ini serta mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BPBD Babel, Damkar Beltim dan linmas, RT, RW, Kadus, Kades dan Camat atas partisipasi dalam keberhasilannya mengatasi pengurangan bencana selama musim kemarau yang sangat ekstrem tahun ini.” Tutup Beliadi

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *