pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Jakarta.  Memperingati hari ulang tahun Propinsi Kepulauan Bangka Belitung itu bukan hanya sekedar bersyukur atas capaian usia, tetapi juga tera ulang perjalanan apakah masih “on the track”  atau  melenceng dari cita-cita dan  visi awal lahirnya propinsi ini. 

Ketua IKM Babel, Azwardy Azhar alias Bang Away menyampaikan hal itu ketika membuka rapat pengurus IKM Babel di Jakarta  (01/11/2023).  Peringatan itu menurut Bang Away, penting dilakukan agar kita dan generasi setelah kita tidak lupa dengan sejarah berdirinya propinsi ini.  Sejarah itu yang akan menjadi navigasi  yang akan menunjuk kemana arah atau tujuan kita melangkah  ke depan.

“Sejarah itu semacam kaca spion yang harus kita lihat sekali-sekali untuk memastikan perjalanan kita ke depan sesuai arah dan lurus,”  kata Bang Away.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, IKM Babel akan merayakan  hari jadi Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan mengadakan serangkaian  kegiatan di Bangka Belitung.  Tahun 2022 lalu, IKM Babel memperingati HUT Babel dengan menggelar bhakti sosial  berupa sunatan massal di Bangka dan  Bangka Selatan,  serta pembuatan buku nikah bagi pasangan nikah siri di Belitung bekerja sama dengan LAM Belitung.

“Tahun 2023 atau ulang tahun Babel ke-23 ini, kita akan memusatkan kegiatan di Belitung, berupa bhakti sosial dan malam hiburan rakyat,”  kata Rizani Usman, Sekteraris Umum IKM Babel.

Rizani menambahkan, bhakti sosial berupa sunatan massal untuk anak-anak  dari keluarga tidak mampu di Belitung dan Belitung Timur.   Pelaksanaannya dipusatkan di Gedung Nasional, Tanjung Pandan, Belitung.  Panitia akan menyiapkan transport dan penjemputan khusus kepada anak-anak dari Belitung Timur.  

Hiburan Rakyat

Adapun Malam Hiburan Rakyat disajikan  tidak semata hura-hura tetapi juga ada misi lain yakni mempopulerkan seni budaya khas Melayu Belitong yang selama ini ditekuni oleh anak-anak muda Belitong.  Anak-anak muda itu tergabung dalam Sabud  atau “Sarung Budaya” entertainment, yang mewakili Bangka Belitung di Pekan Budaya Nasional, di Jakarta, Oktober 2023. 

“Malam Hiburan Rakyat itu juga dimaksudkan sebagai apresiasi kepada para pelaku seni budaya daerah dengan memberikan mereka tempat untuk berekpresi dan menunjukkan karyanya kepada publik,” jelas Bang Away.

IKM Babel, lanjut Bang Away ingin mengajak masyarakat menikmati seni budaya kampung sendiri melalui tangan kreatif anak-anak muda. Di sisi anak-anak muda pelaku seninya, akan diberi challenge untuk bisa menyuguhkan performance budaya yang menghibur dan kreatif.   Sehingga performance itu kaya dengan kreatifitas seni tanpa menghilangkan pakem dan sisi khasnya.

“Bagi IKM Babel, ini akan menjadi assessment kemungkinan untuk menjajaki  ruang yang lebih luas menampilkan karya-karya itu di depan publik yang lebih luas di luar orang kampung sendiri,” ujar Bang Away.

Seperti yang telah dilakukan IKM Babel, ketika menghadirkan group musikal pantun “Lebah Begantong’ dari Sumatera Utara pada acara Babel Hajatan  2022 lalu. Group itu dijadikan sebagai kolaborator pemantun Babel agar lebih kreatif menyajikan pantun sebagai seni budaya local.

Baliho dan Banner
Pada momen ulang tahun Propinsi Kepulauan Babel ke 23 tahun 2023 ini, IKM Babel juga mengajak semua elemen masyarakat Babel untuk  menyemarakkan ulang tahun  ini. IKM Babel memulai upaya itu dengan menginisiasinya melalui ucapan Selamat  Ulang Tahun Propinsi Babel ke-23 lewat sejumlah Baliho dan banner yang dipasang di sejumlah titik di  Pangkal Pinang, Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah juga di Belitung. (2as)

Sumber : IKM Babel.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *