Bupati Djoni Alamsyah Didampingi oleh Wakil Bupati Syamsir melakukan kunjungan ke RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan Belitung (10/4/2025)
Dalam kunjungan kerja ini Bupati Dhoni mendapati banyak permasalahan yang perlu di benahi, dan pihak nya meminta perbaikan atas kinerja RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan Belitung ini selambat nya 2 bulan.
Bupati Djoni meminta agar di apotik di tambah staf SDM nya karena terkesan lambat dalam melayani masyarakat
“Obat non racikan bagi pasien, paling lama satu jam dan obat racikan paling lama dua jam” Ujar Bupati Djoni
Bupati Belitung juga meminta agar manajemen RSUD dr. H. Marsidi Judono Belitung dapat lebih disiplin dalam meningkatkan kualitas pelayanan ke depannya.
“Memang kelihatannya adalah sistem davn standar pelayanan yang belum terintegrasi,” ujarnya.
Di sela-sela peninjauan, Djoni Alamsyah menemukan adanya pasien yang belum dilayani atau masih menunggu giliran pemeriksaan di poli rawat jalan, karena salah memahami alur dan SOP pelayanan khusus bagi pasien yang mendaftar secara daring.
Kondisi ini disebabkan kurangnya sosialisasi dari pihak manajemen RSUD dr. H. Marsidi Judono Belitung soal mekanisme dan alur pelayanan khususnya pasien yang mendaftar secara daring, karena ada tahapan untuk melakukan sidik jari di loket pendaftaran poli rawat jalan yang banyak terlewati oleh pasien.
Selain itu, Djoni Alamsyah juga mendapati antrean pengambilan obat di apotek RSUD dr. H. Marsidi Judono yang memakan waktu cukup lama bahkan hingga empat jam.
Kemudian ia juga menemukan soal tidak sinkronnya data ketersediaan kamar rawat inap di dashboard yang ada di IGD RSUD dr. H. Marsidi Judono dengan dashboard yang tersedia di ruang perawatan.
Hal ini dikarenakan keterlambatan petugas melakukan pembaharuan data jumlah kamar rawat inap yang kosong, sehingga mengakibatkan pasien banyak tertahan yang belum dipindahkan dari IGD.
“Pelayanan itu adalah kewajiban yang harus kita berikan di sana kita akan mendapatkan hak atas pelayanan yang sesudah pelayanan maksimal yang kita berikan,” ujarnya.
Dirinya mendorong, sistem dan standar pelayanan di RSUD dr. H. Marsidi Judono Belitung perlu dibenahi agar ke depannya lebih baik dan berkualitas.