pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Mou antara SMA Negeri 1 Manggar dengan Universitas Muhammadiyah Pangkal Pinang dalam penerbitan dan Publikasi Ilmiah

SMAN 1 Manggar kembali lakukan penandatangan nota kesepahaman dengan lembaga pendidikan tinggi. Sekolah negeri pertama di Belitung Timur tersebut kali ini menandatangani kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. Senin (14/11) penandatangan kesepakatan tersebut dilakukan di rektorat Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung di Bangka Tengah. Adapun penandatanganan dimaksudkan untuk pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada
masyarakat, penerbitan dan publikasi ilmiah di kedua belah pihak.

Selain itu, penandatanganan kesepakatan ini dimaksudkan untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki oleh kedua belah pihak. Kemudian perjanjian ini juga dibuat untuk mewujudkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Kampus Merdeka, guna mengembangkan kerja sama pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta program merdeka belajar kampus merdeka dan sekolah.

Nota kesepahaman ini pada dasarnya juga dibentuk untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dan potensi kualitas yang dimiliki oleh SMAN 1 Manggar dan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sesuai kewenangan masing-masing.

Rombongan SMAN 1 Manggar yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, humas, dan sarana prasarana serta guru di sambut langsung oleh wakil rektor 1 dan 2, sekretaris KUIK, ketua LPPM, serta kabag Humas dan protokol UnMuh Babel. Sedangkan untuk rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung sendiri berhalangan hadir karena sedang berada di luar Pangkal Pinang. Hal tersebut disampaikan langsung oleh wakil rektor 1, Dr. Pratiwi Amelia, M.Pd, B.I.

“Sebelumnya selamat datang kepada keluarga SMAN 1 Manggar dan mohon maaf hari ini pak rektor berhalangan hadir karena sedang ada pengabdian masyarakat diluar Pangkal Pinang. Namun tanpa mengurangi rasa hormat beliau sangat menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman ini”, ucap Pratiwi.

Tidak hanya itu, Pratiwi dalam sambutannya juga mengemukakan harapan agar kerjasama ini tidak hanya sebatas tanda tangan diatas kertas. “Semoga kerjasama ini tidak berhenti di MoU saja, namun berlanjut ke MoA dimana kita semua mendapatkan manfaat dan barokah atas kerjasama ini”, ujarnya.

Salah satu guru dalam rombongan SMAN 1 Manggar, Nesi Etikasari mengaku menyambut baik nota kesepahaman ini.

“Kami sebagai guru di SMAN 1 Manggar pastinya sangat menyambut baik kegiatan yang dilakukan hari ini. Terutama yang kami soroti adalah nota kesepahaman yang disepakati dan ditandatangani. Karena dengan adanya kesepahaman ini tentunya kedua belah pihak dapat terus bekerjasama dalam pengembangan pendidikan terutama di Bangka Belitung”, ucap Nesi

Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin menyebukan bahwa penandatangan ini dapat menjadi ajang saling berbagi antara sekolah dan Universitas Muhammadiyah Babel.

“Ini adalah kunjungan pertama kami dari SMAN 1 Manggar ke UnMuh BaBel, setelah pertemuan kita di Career Day kemarin, mengapa kami datang kemari? Karena kami tertarik untuk melakukan kerjasama dibidang pendidikan, penelitian, publikasi ilmiah dan sebagainya. Kami rasa nota kesepahaman ini merupakan bentuk kerjasama yang baik antar kedua belah pihak. Kemudian kesepahaman ini dapat menjadi ajang saling berbagi. Artinya SMAN 1 Manggar dapat terus belajar dalam penelitian dan pengembangan pendidikan termasuk pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan Universitas Muhammadiyah Babel dan menjadikan SMAN 1 Manggar sebagai mitra dan wadah berbagi praktik baik yang dilaksanakan.”, ucap Sabarudin.

“Saya juga sangat berterimakasih dapat disambut dengan baik di rektorat Universitas Muhammadiyah Babel ini. Saya dan rombongan merasa sangat tersanjung dan berharap kerjasama dan penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan hari ini dapat memperkuat hubungan kedua belah pihak dan memberikan dampak positif terutama dalam pengembangan dunia pendidikan di provinsi Bangka Belitung ini. Dan semoga nota kesepahaman ini nantinya juga akan segera terealisasikan dalam bentuk program-program”, pungkas Sabarudin.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *