pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Tanjungpandan-Belitung, 4 Agustus 2023 Bertempat di Ballroom Hotel Gran Tropikal Jl. A.Yani Kel.Pangkallalang Kec.Tanjungpandan Kab.Belitung  berlangsung Pembukaan Pemusatan Diklat Calon Paskibraka Kab.Belitung Tahun 2023 dan Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih (4/8-2023)

Acara yang berlangsung mulai pukul 14.00 WIB ini di buka oleh Sekda Kabupaten Belitung H.MZ. Hendra Caya, SE, MSi, dan di hadiri oleh  Dandim 0414 Belitung diwakili Pasiter : Letda Inf Rumawan,Danlanud H.AS Hanandjoeddin diwakili Kadis Ops : Kapten Lek Fardian,Kapolres Belitung, diwakili Kabag Sumda : AKP Slamat Riyadi, Kaban Kesbangpol Kab.Belitung : Fedy Malonda, SH, Ketua FPK Kab.Belitung : Sudarmayudha, Wakil I FKUB Kab.Belitung : Budi Dharmappano,  Unsur Panitia dan Pelatih Capas Kab.Belitung, Para Kepala Sekolah perwakilan Capas Kab.Belitung serta para Capas Kab.Belitung : 32 orang

Dalam kesempatan tersebut Fedy Malonda, SH menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan tujuan sesuai dengan ketentuan pasal 6 Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka yang bertujuan Utamakan Pancasila dalam wadah NKRI yang ber Bhineka Tunggal Ika oleh Paskibraka yang merupakan putra-putri terbaik bangsa.

“Menguatkan pembinaan kepentingan keterampilan dan  menjunjung nilai kebangsaan, cinta tanah air, persatuan dan kesatuan dan peningkatan wawasan kebangsaan, Membentuk penerus perjuangan bangsa dan calon pemimpin bangsa yang memiliki karakteristik jiwa semangat Pancasila dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945. Menanamkan dan menumbuhkan semangat Patriotisme dan nasionalisme sesuai tema menciptakan agen perubahan dalam melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.”, Ujar Fedy Malonda, SH

Kelompok sasaran kelompok sasaran besar dalam Paskibraka berasal dari siswa-siswi kelas 10 pada Sekolah Menengah Atas Negeri dan Swasta serta Madrasah Aliyah di Kab.Belitung.

Jumlah peserta seleksi sebanyak 252 orang,  terdiri dari 166 Putra dan 126 Putri, Untuk Kabupaten yang dinyatakan lolos seleksi di tingkat Provinsi Kep.Bangka Belitung sebanyak 3 orang,  terdiri dari 2 orang (Putra) dan 1 orang (Putri), Tanggal 30 Juli 2023 yang telah mengikuti pemusatan Diklat Paskibraka Prov.Kep.Babel, bertempat di Badan Pegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Prov.Kep.Babel.

Untuk di Kab.Belitung yang saat ini hadir, yang lolos seleksi sesuai kuota sebanyak 32 orang terdiri dari 16 orang (Putra) dan 16 orang (Putri).

Acara yang di gelar di Hotel Grand Tropical Tanjungpandan, dari tanggal 4 s/d 18 Agustus 2023, artinya 14 hari untuk mempelajari materi tentang baris berbaris yang akan dilakukan di dua tempat yaitu di stadion olahraga dan halaman Kantor Bupati.

Narasumber dan pelatih  dalam kegiatan pemusatan Diklat tahun 2023, dengan pokok materi dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan yang artinya pembelajaran tentang wawasan kebangsaan, cinta tanah air, rela berkorban serta bentuk keterampilan dalam kepaskibrakan dan peraturan baris yang tentunya akan diterima dalam Diklat ini.

Terkait kepanitiaan dan tenaga pelatih pada Diklat ini melibatkan unsur : Badan Kesbangpol Kab.Belitung, Dispora Kab.Belitung, Dinas Kesehatan Kab.Belitung, Kodim 0414 Belitung,Lanud H.AS Hanandjoeddin, Polres Belitung dan PPI Kab.Belitung.

Bupati Belitung diwakili Sekda – H.MZ Hendra Caya, SE, M.Si, menyampaikan  Ucapan salam dan terima kasih permohonan maaf bapak Bupati, yang tidak bisa hadir dikarenakan adanya tugas lain.

Hendra Caya Menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Badan Kesbangpol Kab.Belitung yang mana tahun ini ditunjuk menjadi leding sektor seleksi dan Diklat Paskibraka Tahun 2023.

Pendidikan dan pelatihan Paskibraka Kab.Belitung Tahun 2023, semoga diberikan kelancaran hingga akhir acara, sampai pada tujuan utama dimana nantinya sang saka merah putih dapat berkibar dengan baik.

“Melalui Pendidikan dan Pelatihan ini tentunya nantinya mampu menjadikan adik – adik Para Capas menjadi putra – putri terbaik bangsa yang miliki jiwa patriotosme dan nadionalisme berkebangsaan dan cinta tanah air” Ujar Hendra Caya

Sekda juga herharap agar para Capas ini nanti dapat menjadi pemimpin di semua sektor baik instansi pemerintah ataupun swasta, yang telah tertanam nilai – nilai luhur bangsa yang tentunya jika tertanam dengan baik didalam sanubari akan ada manfaatnya disisi kehidupan masa sekarang dan masa yang akan datang.

“Selalu jaga kesehatan selama 14 hari di pelaksanaan Diklat ini, dan tentunya juga agar dapat menyerap dengan baik semua materi Diklat yang disampaikan guna pencapaian kesempurnaan pada pelaksanaan tugas pada tanggal, 17 Agustus 2023 nanti” Imbuh Hendra Caya

Sumber laporan : Sulisman Kebangpol Belitung

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *