pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

PANGKALPINANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Naziarto mengapresiasi nilai capaian Reformasi Birokrasi (RB) Kep. Babel selalu naik tiap tahunnya. Tetapi dalam “Rapat Percepatan Pelaksanaan RB Berdampak” yang dilaksanakan di Ruang Rapat Tanjung Pesona Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, pada Senin (8/1/24) tersebut, Sekda meminta agar predikat RB Kep. Babel bisa naik menjadi A.

“Dalam lima tahun terakhir, hasil evaluasi RB kita selalu naik nilainya, namun perlu kita ketahui bahwa kenaikannya pun tidak signifikan. Sehingga meskipun naik terus, peringkatnya tetap di predikat BB,” ujar Sekda Naziarto saat membuka rapat. 

Diketahui berdasarkan hasil evaluasi yang dikeluarkan oleh Kementerian PANRB, Provinsi Kep. Babel pada tahun 2018 nilainya 67,17 dengan predikat B, tahun 2019 nilainya 70,26 dengan predikat BB, tahun 2020 nilainya 70,96 dengan predikat BB, tahun 2021 nilainya 71,66 dengan predikat BB, dan tahun 2022 nilainya 72,19 dengan predikat BB.

Menilik kembali nilai-nilai yang telah didapatkan tersebut, Sekda Naziarto berharap Bumi Serumpun Sebalai bisa mendapatkan predikat A bahkan AA, agar setara dengan provinsi lainnya. Pada rapat tersebut, dirinya menekankan kepada seluruh dinas terkait untuk saling berkoordinasi, berkolaborasi, dan bersinergi. 

“Dalam hal ini kita memiliki 6 fokus capaian RB, yang mana tentunya hal tersebut tidak bisa dijalankan sendirian. Misalnya penurunan stunting, tidak bisa kalau hanya Dinsos sendiri yang bekerja. Dinsos harus bekoordinasi dengan dinas terkait lainnya, agar fokus capaian kita dapat berjalan secara maksimal,” kata Sekda.

Fokus capaian RB Tematik Pemerintah Provinsi Kep. Babel ada enam, di antaranya: Pengentasan kemiskinan, Penurunan Stunting, Pengendalian Inflasi, Peningkatan Investasi, Indeks SPBE, serta Indeks Tata Kelola Pengadaan dan Penggunaan PDN (Produk Dalam Negeri). Semua hal tersebut dicapai dengan strategi yang telah diputuskan bersama pula di Tahun 2023, yakni pertama dengan membentuk Tim RB General dan RB Tematik. Dua, menindaklanjuti rekomendasi RB dan SAKIP Tahun 2023 dan 2024. Tiga, Menyusun Road Map RB tahun 2023-2024. Empat, Menyusun rencana aksi RB general. Lima, dengan menyusun rencana aksi tematik. Terakhir, monitoring dan evaluasi capaian rencana aksi sampai dengan Triwulan 3 tahun 2023.

Didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Muhammad Soleh dan Asisten Administrasi Umum Yunan Helmi, Sekda Kep. Babel tersebut menginstruksikan agar Biro Organisasi dan beberapa dinas terkait untuk melakukan percepatan RB dibanding tahun sebelumnya, agar dapat dilaksanakan secara maksimal.

“Dibanding dengan tahun 2023, kita harus melakukan percepatan, agar bisa kita laksanakan secara bersama-sama secara maksimal. Harusnya kita bisa untuk mendapatkan predikat A. Sayang sekali kalau kita tidak memanfaatkan momentum dengan baik,” ujarnya.

Dirinya berpesan kepada Asisten Sekretariat Daerah Kep. Babel untuk melaksanakan seluruh strategi yang telah ditentukan, serta setelah rapat ini, diharapkan untuk mengadakan rapim bersama dinas-dinas terkait.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *