pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Jakarta: Timnas Indonesia kalah dengan skor 1-3 dari Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023. Laga Indonesia vs Jepang berlangsung di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/2023) malam WIB. 

Petaka bagi Indonesia saat wasit menghadiahkan Jepang penalti pada menit ke-5 usai Jordi Amat melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Ayase Ueda yang ditunjuk sebagai eksekutor mampu merobek jala gawang yang dikawal Ernando Ari. 

Marselino Ferdinan mengancam pertahanan Jepang usai mendapat operan terobosan Pratama Arhan pada menit ke-30. Marselino memberikan operan pendek, namun dipatahkan Yuta Nakayama.

Hampir tak ada ancaman berarti di sisa waktu pertandingan. Jepang, meski menguasai bola, cukup sulit menembus kotak penalti Indonesia, skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Jepang berhasil memperbesar keunggulan jadi 2-0 pada menit ke-52. Gol kembali dicetak Ayase Ueda yang membukukan brace di laga ini.

Tim asuhan Hajime Moriyasu mencetak gol melalui skema serangan yang apik. Ritsu Doan mengirim umpan ke kotak penalti yang dengan mudah diceploskan Ueda ke gawang Ernando Ari.

Ayase Ueda mengantarkan Jepang unggul 3-0 pada menit ke-88. Tendangan kaki kanan Ayase salah diantisipasi Justin Hubner yang membuat bola masuk ke gawang sendiri.

Namun, tak lama kemudian Sandy Walsh mencetak gol bagi Indonesia untuk membuat skor menjadi 1-3. Sandy merobek gawang Jepang lewat penyelesaian bagus di sisi kanan.

Gol berawal dari lemparan jarak jauh Pratama Arhan yang mengarah ke kotak penalti Jepang. Sandy yang berdiri bebas di sisi kanan menceploskan bola ke gawang dengan kaki kanannya.

Tak ada gol tambahan tercipta, skor 1-3 bertahan hingga laga usai. Kekalahan ini membuat Indonesia terhatan di posisi ketiga klasemen Grup D dengan tiga poin.

Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 via jalur peringkat tiga terbaik. Skuad Garuda bisa lolos tergantung hasil dari laga grup lain.

Laga yang dimaksud mempertemukan Yordania vs Bahrain dan Oman vs Kirgistan. Indonesia bisa lolos jika Yordania menang selisih tiga gol atas Bahrain dan laga Oman vs Kirgistan berakhir imbang.

Susunan Pemain:

Jepang XI: Zion Suzuki; Takehiro Tomiyasu, Yuta Nakayama, Koki Machida, Seiya Maikuma; Ritsu Doan, Keito Nakamura, Wataru Endo, Rei Hatate, Takefusa Kubo; Ayase Ueda

Indonesia XI: Ernando Ari Sutaryadi; Pratama Arhan, Jordi Amat, Rizky Ridho, Justin Hubner, Sandy Walsh; Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan; Egy Maulana Vikri dan Rafael Struick.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *