pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Garumedang Tektites Geosite adalah destinasi wisata yang menawarkan wisata edukasi berupa sejarah penambangan timah, alam dan informasi mengenai intan hitam (bilitonite) atau disebut satam dalam bahasa lokal.

Batu Satam adalah batuan khas Indonesia yang ditemukan di pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Batu ini berwarna hitam dan memiliki urat-urat yang khas. Batu Satam termasuk kedalam batuan langka., batu ini terbentuk dari hasil proses alam atas reaksi tabrakan meteor dengan lapisan bumi yang mengandung timah tinggi jutaan tahun lalu.

Serpihan batu meteor itu tersebar keseluruh pelosok dunia seperti Australia, Cekoslovakia, Arab, dan di Indonesia tepatnya di pulau Belitung. Saat jatuh diatas tanah pulau Belitung, meteor ini bereaksi dengan kandungan timah yang sangat banyak yang terdapat dipulau Belitung, sehingga membentuk batu hitam yang kemudian dinamakan Batu Satam. Karena proses inilah Batu Satam hanya terdapat di Indonesia dan menjadi batuan langka yang diburu para kolektor batu diseluruh dunia.

Garumedang Tektites Geosite tersebut tepatnya berada di Desa Sukamandi Kecamatan Damar Kabupaten Belitung Timur.

”garumedang berasal dari dua kata garu yang berarti gaharu dan medang (nama pohon dalam bahasa lokal)”..jelas Depri selaku pengelola Garumedang Tektites Geosite kepada Inspiring Belitung Timur.

”nama garumedang sendiri diambil dari peristiwa ekspedisi bangsa eropa pada abad ke 18 dalam mencari pasir timah di pulau belitong dengan menggunakan sampan”

”mereka tiba didaerah lanji pantai tambak, disana mereka menemukan pohon medang yang menghasilkan gaharu yang memiliki kualitas yang bagus, selanjutnya mereka menamakan kawasan tersebut dengan nama garumedang”

‘’garumedang tektite geosite menawarkan paket wisata camping ground, besampan dan mancing bebanjor dikulong tiram’’

‘’paket tersebut sudah pernah diikuti oleh para pengunjung, mereka berasal dari masyarakat lokal dan luar daerah (domestik) seperti Melanie Soebuno dan Coconut Treez dalam program dari barat ke timur Indonesia’’..kata Depri.

‘’Berwisata di garumedang tektites Geosite memang mempunyai keistimewaan sendiri, dimana pengunjung akan merasakan dan sekaligus melakukan konservasi, edukasi, histori dan atraksi’’..tambah-nya

Garumedang tektites geosite is a tourist destination that offers educational tour package such as tin mining history, nature and information about black diamonds (billitonite) or called satam in the local language.

This destination is precisely located in Sukamandi Village, Damar District – East Belitung Regency.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *