pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Keanekaragaman budaya Indonesia tersaji dalam festival budaya Melayu Day. Acara ini terselenggara di Kota Yala, Provinsi Yala, Thailand pada 23-25 Februari 2024.

Melayu Day jadi satu festival budaya terbesar di selatan Thailand. Acara ini diinisasi oleh Pemerintah Kota Yala sejak tahun 2014.

Melayu Day merupakan acara kolaborasi antar pihak. Yakni bersama Konsulat RI Songkhla dan Konsulat Jenderal Malaysia Songkhla.

Selama tiga hari penyelenggaraan, Indonesia menampilkan pentas budaya pakaian dan tarian. Adapula pameran pendidikan, promosi kuliner ,dan produk khas dari UMKM.

Tarian Ratoh Jaroe yang dipersembahkan oleh UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga meramaikan acara. Penampilan Indonesia yang selanjutnya diikuti oleh tarian Sinanggar Tullo dari Kadin Fashion.

Pengunjung juga berkesempatan mencicipi cita rasa kuliner mie aceh yang kaya akan rempah. Makanan ini disiapkan langsung oleh juru masak dari Serambi Mekah, Aceh.

Pagelaran budaya ini dimanfaatkan oleh berbagai universitas di Indonesia untuk mengenalkan program studi termasuk tawaran beasiswa. Pelajar di selatan Thailand selama ini memang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara tujuan melanjutkan pendidikan tinggi.

Ada beberapa institusi pendidikan Indonesia yang ikut ambil bagian. Di antaranya Universitas Galuh, Universitas Darunajah, Universitas Nasional Jakarta, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Mendukung UMKM Go Global, Konsulat RI Songkhla juga memfasilitasi penandatanganan MoU antara pelaku usaha Indonesia. MoU bergerak di sektor pakaian jadi dengan mitranya dari Thailand.

Penandatanganan diharapkan ini dapat semakin meningkatkan penetrasi produk khususnya pakaian muslim Indonesia di selatan Thailand. Keikutsertaan Indonesia menjadi momentum yang baik sekaligus upaya mempromosikan budaya, pendidikan dan ekonomi Indonesia serta memperkokoh citra Indonesia.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *