Membalong, Media Daulat Rakyat— Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung kembali menggelar kegiatan sosialisasi program Belitung Saluran Aspirasi dan Pengaduan (BeSAdu) di Pulau Seliu, Kecamatan Membalong, Kamis (16/10/2025). Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya strategis untuk memperluas jangkauan layanan pengaduan masyarakat hingga ke wilayah terpencil.
Tim Diskominfo secara langsung menyampaikan informasi dan berdialog dengan warga setempat mengenai pentingnya peran BeSAdu sebagai kanal resmi untuk menyampaikan aspirasi, saran, dan keluhan terkait pelayanan publik di Kabupaten Belitung.
“Sosialisasi BeSAdu memang kami lakukan ke seluruh kecamatan, dengan harapan agar program ini lebih dikenal, terutama oleh masyarakat yang jauh dari kota Tanjungpandan. Warga yang kami temui kemarin sebagian besar belum mengetahui keberadaan program BeSAdu,” ujar Upik Sumarti, Koordinator kegiatan.
BeSAdu dirancang sebagai platform yang mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Melalui kanal ini, setiap masukan dari warga dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan terhadap kinerja penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung.
“Tujuan utama sosialisasi ini adalah agar masyarakat memahami bahwa pemerintah daerah memiliki satu kanal pengaduan resmi untuk mengakomodasi aspirasi mereka. Karena seluruh pembangunan yang dilaksanakan di Belitung adalah demi kemakmuran masyarakat,” tambah Upik.
Sebagai bentuk apresiasi, Diskominfo membagikan souvenir berupa totebag kepada warga yang berpartisipasi.
Selain menjadi kenang-kenangan, totebag tersebut diharapkan dapat menjadi media promosi sederhana untuk memperkenalkan BeSAdu kepada masyarakat yang lebih luas di Pulau Seliu.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Diskominfo Kabupaten Belitung berharap masyarakat Pulau Seliu dan seluruh wilayah di Belitung semakin mengenal dan memanfaatkan layanan BeSAdu sebagai sarana partisipatif dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan, responsif, dan inklusif.












