pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung Ir. Fadillah Sabri, S.T., M.Eng., IPM., menyampaikan beberapa informasi terkait kegiatan kampus, yakni perkembangan akademik dan program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat meliputi KKN MAs yang menjadi trending topik nasional, dan masalah kerjasama internasional.

Dijelaskan sejak tahun 2020 berubahnya status STKIP Muhammadiyah menjadi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, terdapat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan program studi PGSD (akreditasi unggul), PJKR, PMTK dan PBI, kemudian ada Fakultas Teknik dan Sains dengan program studi IlKom, T.Sipil, dan KSDA.

Kemudian pada tahun 2022 UnMuh BaBel mengusulkan 5 prodi baru ; Pariwisata, Kewirausahaan, Kriminologi, Hukum Bisnis, Manajemen Bisnis Internasional. Dan pada saat ini telah ada 3 prodi yang memiliki SK pengesahan hadirnya prodi baru di UnMuh BaBel yakni ; Pariwisata, Kewirausahaan, dan, Kriminologi.

“Mengapa kita membangun tiga prodi ini? Karena ketiga prodi ini berdasarkan analisis teman-teman dosen, survey ketiganya adalah program studi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita apalagi prodi kewirausahaan merupakan program studi yang diharapkan tidak hanya mencari pekerjaan, tapi harus menciptakan pekerjaan. Kemudian ada prodi Kriminologi Prodi ini hanya ada 3 di Indonesia, satu di UI, kampus Islam Riau dan UnMuh BaBel, dengan pasarnya adalah polisi, jaksa, hakim, dan jurnalis kriminal” ungkap Fadillah.

Prodi Kriminolog adalah menggabungkan ilmu sosiologi dan hukum. “Anda tahu, ahli kriminologi dari UI Andrianus Meliala, itu orang Sungailiat Bangka, nanti saya akan berencana mengundang beliau saat launching”.

“Dengan terwujudnya prodi baru ini masyarakat Bangka Belitung memiliki banyak pilihan. Ini akan menjadi fakultas sementara namun belum disahkan yaitu, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora”.

“Hadirnya 3 program studi baru ini, saya mengajak masyarakat Bangka Belitung wabil khusus para calon mahasiswa atau anak-anak yang baru lulus SMA/SMK sederajat dan juga para karyawan, kami membuka kelas pekerja (regular sore) untuk Kuliah di UnMuh BaBel. Biayanya tidak mahal cukup 750.000,- perbulan”, imbuhnya.

Selanjutnya mengenai KKN MAs, Rektor UnMuh BaBel ini memaparkan bahwa kegiatan KKN MAs, adalah kegiatan KKN Nasional, Bangka Belitung ditunjuk sebagai tuan rumah dengan kedatangan 1000 mahasiswa dari seluruh Indonesia. Ditempatkan di 5 Kabupaten ; Bangka Selatan, Bangka Tengah, Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur, dilaksanakan pada 31 Juli 2023 – 14 September 2023. Kegiatan ini akan mengenalkan potensi daerah Bangka Belitung kepada masyarakat luas.

Sebelum menutup pertemuan, Fadillah menjelaskan mengenai KUIK (Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama) yang merupakan lembaga baru UnMuh BaBel dan pada tahun ini telah menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas luar negeri seperti universitas dari Filipina, Malaysia, Palestina, Korea Selatan, dan Pakistan. Serta beberapa program seperti KKN Internasional (telah dilakukan di Filipina dan Malaysia), short course, juga kegiatan lainnya. (Mj)

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *