pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Pulau Belitung bukan hanya terkenal dengan pantai-pantai nya indah dan asri, namun juga kuliner nya yang tergolong khas dan unik

Liburan ala anak pantai di Belitung rasanya bakal menguras energi, bukan? Pastikan untuk selalu mengisinya dengan ragam kuliner Belitung yang lezat dan bergizi. Ini dia 12 pilihannya. Mau coba yang mana dulu nih?

1. Mie Belitung

kuliner belitung - Mie Belitung
Mie Belitung (Dhodi – Shutterstock)

Kuliner pertama yang wajib sobat cicipi saat berlibur ke Belitung adalah Mie Belitung yang disajikan dengan alas daun simpor. Kamu bisa datang ke Mie Belitung Atep di Tanjung Pandan.

Mi kuning dan telur yang disiram dengan kuah kaldu udang kental ini punya rasa gurih dan sedikit asam. Cita rasanya makin nikmat dengan irisan tahu, tauge, kentang, timun, udang, dan melinjo. 

2. Nasi Bedulang

Nasi Bedulang
Nasi Bedulang (Dhodi – Shutterstock)

Kemudian ada nasi bedulang yang bukan hanya soal kuliner. Cara makan nasi ini juga jadi tradisi khas Belitung yang dilestarikan hingga sekarang. 

Nasi bedulang merupakan sajian nasi di sebuah tampah yang ditutup tudung saji. Di dalamnya terdapat aneka lauk dengan nasi disiram kuah di tengahnya. Salah satu tempat makan yang menyediakan nasi bedulang adalah Rm Belitong Timpo Duluk.

3. Gangan Kuning

Belum ke Belitung namanya kalau belum coba kuliner khas yang satu ini. Gangan atau sup ikan yang dimasak dengan bumbu kunyit dan lengkuas ini bisa kamu coba di RM Gangan Sari. 

Rasanya segar dan sedikit asam. Untuk bagian ikan, kamu bisa memilihnya seperti bagian kepala, ekor atau badan yang penuh daging. 

4. Suto Belitung

Suto Belitung
Suto Belitung (Cecil – Shutterstock)

Rekomendasi makanan khas Belitung selanjutnya suto Belitung. Sekilas makanan ini mirip ketupat sayur. Namun, cita rasanya sedikit berbeda dengan campuran kaldu udang, iga sapi dan santan.

Di dalam suto, kamu bisa menemukan irisan daging, lontong, bihun, emping, dan kentang rebus. Kuah kaldunya gurih dan pekat, pastinya bakal lebih nendang dengan tambahan sambal. Kamu bisa nih coba datang ke Kedai Mak Jannah.

5. Kopi Legendaris di Belitung

Kopi Legendaris di Belitung
Kong Djie Coffee (Dhodi – Shutterstock)

Kamu penggemar kopi? Coba deh saat liburan ke Belitung, cicipi juga kopi khasnya yang nikmat. Kamu bisa datang ke Warung Kopi Ake atau juga beberapa kedai kopi lain seperti Kong Djie Coffee. 

6. Ketam Atau Kepiting Isi

kuliner belitung- Ketam Atau Kepiting Isi
Kepiting isi yang gurih dan bikin nagih (Tri Suryono – Shutterstock)

Nah, kuliner yang satu ini terlalu unik dan sayang untuk kamu lewatkan. Yaps! Sudah pernah coba ketam sebelumnya? 

Ketam merupakan kepiting isi olahan daging kepiting suwir yang dicampur dengan tepung dan digoreng kering. Rasanya gurih dan penuh rempah!

7. Cakien Belitung

Cakien Belitung
Cakien Belitung (Neng Etta – Shutterstock)

Lanjutkan wisata kuliner di Belitung dengan mencicipi cakien. Gorengan bakso ikan berbalut kulit tahu ini bakal susah untuk kamu tolak deh. Rasanya renyah, gurih dan bikin nagih!

8. Nasi Gemok

Nasi Gemok
Nasi Gemok (Dhodi – Shutterstock)

Kalau kamu familiar dengan nasi lemak, maka nasi gemok ini lumayan mirip nih. Bedanya terletak pada lauk ikan bebulus yang merupakan ikan khas Belitung. Selain itu, cita rasa gurih dan asam pada olahan ikannya juga bikin setiap suapan makin nikmaaat.

9. Lakse Belitung

kuliner belitung - Lakse Belitung
Lakse Belitung (Hermanto – Shutterstock)

 Di nomor 9 ada laksa khas Belitung yang bisa kamu coba. Meskipun bentuknya mirip putu mayang, ternyata makanan ini terinspirasi dari makanan khas Italia, spaghetti. Biasanya, kuliner ini dinikmati dengan siraman kuah ikan tenggiri yang gurih.  

10. Lepat Belitung

Lepat Belitung
Lepat Belitung (Asss Sssa – Shutterstock)

Jika kamu datang ke Belitung di sekitar bulan April, biasanya akan ada tradisi adat yang bernama Maras Tahun. 

Tradisi ini sebagai wujud syukur atas hasil panen yang biasanya identik dengans alah satu makanan yakni lepat. Kue lepat yang berasal dari beras merah dan ketan ini dikukus dengan balutan daun pandan. Rasanya gurih dan cocok dinikmati dengan makanan berkuah nih.

11. Sambal Rusip

Sambal Rusip
Sambal Rusip (Agus – Shutterstock)

Karena kekayaan hasil lautnya, masyarakat Bangka Belitung punya banyak ragam olahan seafood yang segar. Salah Satu yang unik adalah sambal rusip.

Sambal ini hasil dari fermentasi ikan dengan garam, gula merah, dan rempah-rempah seperti jeruk kunci, cabai, dan bawang merah. Hm, pastinya disantap dengan sepiring nasi putih hangat bakal nikmat banget nih. 

12. KV. Senang

Terakhir berkunjunglah ke kawasan KV Senang di pusat kota Tanjungpandan, nikmati beragam kuliner dari dua legenda kota Tanjungpandan, Kedai Mak Janah dan Warkop Ake, bila sabtu-minggu pengunjung akan dihadirkan pertunjukan live musik dari beragam pelaku seni pertujukan organ tunggal

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *