pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Manggar, Belitung Timur– Sebanyak 13 regu dari sekolah tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) Wawasan Kebangsaan dan Organisasi di Auditorium Zahari MZ, Senin (25/07/2022). 

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda dan Kepramukaan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Beltim sekaligus Ketua panitia LCC Adi Yusman mengatakan, pelaksanaan LCC ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh DISPORA Kabupaten Beltim.

“Lomba Cerdas Cermat berdasarkan hasil penjajakan atau hearing kita dengan pemuda Beltim khususnya yang ada di sekolah-sekolah itu. Mereka ingin dihadirkan kembali semacam perlombaan yang akan mempertandingkan wawasan kebangsaan dan tema organisasi itu adalah dari Dispora itu sendiri,” ucapnya.

Dikatakan Adi, masing-masing regu terdiri dari 3 peserta yang akan mengikuti dua sesi yaitu sesi penyisihan dan final. Pemenang lomba nantinya akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, plakat, dan piagam.

“Juara I akan mendapatkan 3 juta rupiah, Juara II 2,5 juta, Juara III 2 Juta, Juara IV 1,5 juta uang pembinaan. Masing-masing akan mendapatkan piagam dan juga plakat,” jelasnya.

Ia berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar lomba, namun ada pembenahan ataupun penanaman nilai-nilai sistem untuk memahami wawasan kebangsaan di tingkat sekolah.

“Mudah-mudahan ke depan akan ada kegiatan seperti ini yang mungkin juga akan dilaksanakan instansi lain. Dan mudah-mudahan nanti ada suatu segmentasi yang juga dilaksanakan oleh dinas-dinas lain menyasar kepada peserta yang lain kemudian juga menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Kabupaten Beltim Amrizal menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenalkan kembali nilai-nilai kebangsaan, memaknai pentingnya arti kebhinekaan dan sebagai fasilitasi pemberdayaan pemuda serta pengetahuan seputar organisasi kepemudaan.

“Karena nilai-nilai kebangsaan sekarang ini sudah terdegradasi, kita mengetahui bahwa kebhinekaan banyak tinggal slogan dan organisasi merupakan hal yang penting untuk membangun jati diri bangsa sehingga dapat kita pertahankan,” jelas Amrizal.

Ia menambahkan, program ini diupayakan akan tetap berlanjut setiap tahunnya dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ataupun momen hari peringatan lainnya. 

“Kami akan memprogramkan ini. Kami memang selalu menganggarkan kegiatan-kegiatan lomba seperti ini dan setiap tahun ada, cuma coraknya akan berbeda-beda,” pungkasnya. (Ln)

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *