pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Damar, Belitung Timur– Kawasan Pantai Kuale Tambak Desa Suka Mandi Kecamatan Damar akhirnya mempunyai jaringan listrik. Lewat Program Listrik Masuk Desa, 17 rumah di kawasan pantai jadi terang benderang.

Program listrik masuk desa ini menelan investasi kurang lebih Rp 3 milyar dari PLN Pusat. Anggaran dipergunakan untuk pemasangan jaringan dan juga tiang dengan jarak 5,6 kilometer.

Peresmian PLN Masuk Desa ditandai dengan penekanan stop kontak dari Bupati Belitung Timur Burhanudin yang disaksikan oleh undangan dan masyarakat, Senin (15/8/22). Hadir dalam kesempatan itu Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Zarkani Mukri, Manajer Keuangan, Umum dan Komunikasi PLN Wilayah Kepulauan Bangka Belitung Septa Aryo, Anggota DPRD Beltim Asin, Plt Camat Damar Arief serta Pj Kades Suka Mandi.

“Program ini merupakan salah satu komitmen PLN untuk mendukung Pemda, terutama Pemkab Beltim melalui ‘Belitung Timur Terang Benderang’ . Lewat Listrik Masuk Desa ini juga mendukung pengembangan perekonomian dan pariwisata yang ada di Desa Suka Mandi ini,” ungkap Septa.

Septa mengatakan investasi yang dikucurkan PLN, untuk melakukan pemasangan jaringan ke Pantai Tambak yakni kurang lebih Rp 3 milyar. Saat ini baru 17 pelanggan yang memasang kwh.

“Satu tiang saja butuh sekitar Rp 30 jutaan, kurang lebih sepanjang 5,6 kilo itu ada 100 lebih tiang yang kita pasang dari depan (jalan utama-red) sampai masuk ke dalam sini,” ungkap Septa.

Dengan besarnya inestasi Dia pun berharap program ini akan memiliki imbas yang baik terutama bagi pengembangan pariwisata di Pantai Tambak dan investasi di sekitar.

“Mudah-mudahan nanti pelanggan kita di sini akan bertambah. Dengan adanya listrik, daerah ini dapat berkembang terus juga akan banyak usaha atau investasi lain yang akan masuk ke sini,” harap Septa.

Pengajuan Pemasangan Sejak 2012

Tokoh masyarakat Desa Suka Mandi sekaligus salah seorang pelanggan listrik di kawasan Pantai Tambak Zarkani Mukri mengakui sudah lama menantikan agar Pantai Tambak dapat segera dialiri listrik. Mengingat banyak pedagang serta masyarakat yang bermukim di sekitar Pantai Tambak kesulitan mendapatkan jaringan listrik.

“Kita ngajukan sejak 2012 lalu, jaman saya masih Wakil Bupati. Memang karena butuh biaya besar jadi agak sulit,” ungkap Pak Kani.

Namun berkat bantuan Bupati Beltim Burhanudin, Pemerintah Desa Suka Mandi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata hingga keluarga Besar Basuki Thahaja Purnama, warga Desa Mandi terutama yang bermukim di kawasan Pantai Tambak dapat menikmati aliran listrik.

“Alhamdulillah, terima kasih buat Bupati, Pemkab Beltim dan pihak-pihak yang sudah membantu kami, Pantai kami sekarang punya jaringan,” ujar Pak Kani. @2!       

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *