pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Kepulauan Bangka Belitung patut berbangga. Lewat salah satu siswa SMAN 1 Manggar, sejarah emas berhasil ditorehkan pada pada Jumat (7/10). Sekolah ini berhasil mencatatkan nama siswanya di olimpiade sains nasional (OSN) 2022. Tidak tanggung-tanggung, Indra Ramadhan berhasil menjadi medalis emas pertama OSN Nasional untuk provinsi kepulauan Bangka Belitung. Ia berhasil mempersembahkan medali emas di bidang Astronomi untuk negeri serumpun sebalai.

Capaian Indra bukanlah sesuatu yang mudah. Ia harus melalui seleksi ketat tingkat sekolah, kabupaten/kota, dan provinsi untuk dapat bertarung di ajang OSN 2022. Ia setidaknya harus menyisihkan ratusan ribu peserta lainnya dari 34 provinsi di Indonesia dalam ajang yang bertemakan “Sains Pulihkan Negeri” tersebut. Ia berhasil menjadi yang terbaik dari 230.562 peserta tingkat SMA/MA.

Wajah OSN Babel benar-benar terselamatkan oleh Indra. Dari 34 provinsi, Kepulauan Bangka Belitung berhasil naik peringkat dari tahun sebelumnya. Provinsi ini kokoh di posisi ke 15 di tahun ini, setelah di tahun sebelumnya harus puas di posisi bontot perolehan medali. Tidak hanya sebatas medalis, Indra Ramadhan juga berhasil mendapatkan penghargaan khusus. Bukan hanya satu penghargaan, dua penghargaan diborong oleh siswa kelas XII ini. Ia berhasil menjadi periaj ronde observasi terbaik dan periaj ronde teori terbaik. Hal ini membuktikan Indra benar-benar menampilkan performance terbaik di OSN Astronomi tahun ini.

“Saya benar-benar gak menyangka dapat menjadi medalis peraih emas di bidang astronomi. Sampai sekarang tangan saya masih gemetar karena saya benar-benar tidak menyangka dapat mempersembahkan medali ini”, ucap Indra. “Tentu tidak ada kata yang paling bisa di ungkapkan selain Alhamdulillah dan syukur yang mendalam kepada Allah yang maha kuasa”, ungkap Indra.

Indra juga menyampaikan bahwa hasil yang didapatkannya saat ini adalah buah dari kerja keras. “Saya tidak bisa mengatakan kalau OSN ini hanya sebatas keberuntungan. Butuh kerjakeras yang luar biasa agar dapat menjalani setiap tahapan yang ada. Dan sebenarnya keberhasilan saya ditahun adalah sebuah “balas dendam” untuk perjuangan di tahun kemarin yang belum berhasil”, tegasnya. Seperti diketahui, Indra merupakan salah satu perwakilan SMAN 1 Manggar yang juga bertanding di tingkat nasional di tahun lalu, namun belum berhasil mendapatkan medali. “Tahun kemarin saya belum berhasil menjadi medalis di tingkat nasional. Jadi yah sempat sedikit kecewa namun hal tersebutlah yang membuat saya bangkit dan terus belajar agar lebih baik. Dan hal tersebut Alhamdulillah sekarang berbuah manis”, ungkap Indra.

Sadar bahwa keberhasilannya juga didapatkan berkat dukungan yang luar biasa, Indra mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukungnya. “Saya berterima kasih sekali kepada kepada kedua orangtua yang sejak dulu selalu kasih support. Makasih juga untuk kepala sekolah, Pak Sabarudin, yang selama ini selalu ngasih dukungan baik moril dan materil untuk anak-anak OSN serta selalu memfasilitasi segala hal yang kami perlukan dalam persiapan dan pelaksanaan OSN. Terimakasih kepada teman-teman seperjuangan di TIM OSN SMAN 1 Manggar 2022. Penghargaan ini tentunya juga untuk kalian”, ucap Indra.

Tidak lupa Indra juga mengucapkan terima kasih kepada pembimbing dan pelatihnya. “Saya mau bilang makasih juga kepada pembimbing dan pembina yang sudah sangat membantu saya. Terima kasih pula kepada guru-guru di sekolah, staff TU, dan seluruh teman-teman saya. Tidak lupa untuk Bu Triwarti yang sudah dengan sangat luar biasa membantu kami dari tingkat sekolah sampai tingkat nasional”, ucap Indra.

Ketua tim OSN SMAN 1 Manggar, Triwarti juga mengaku bersyukur dan sangat bangga atas raihan ini. “Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT atas prestasi Indra yang berhasil mendapatkan medali emas OSN tahun ini. Saya benar-benar memberikan apresiasi setinggi tinggi nya perjuangan Indra dalam mengharumkan SMAN 1 Manggar, Kabupaten Beltim, dan Provinsi Babel. Semoga raihan medali ini akan menjadi motivasi bagi peserta didik yg lain utk selalu meraih prestasi,” ungkap Triwarti.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Manggar ini juga menyampaikan rasa bangga dan apresiasi terbesarnya kepada Indra. “Sebuah sejarah baru yang sangat luar biasa, Alhamdulillah tiga tahun berturut ini SMAN 1 Manggar berhasil menjaga tradisi mendapatkan medali di OSN tingkat Nasional. Capaian ini merupakan suatu hal yang patut disyukuri,” ucap Sabarudin.

“Saya benar-benar mengapresiasi semangat dan kerja keras Indra sampai ke titik ini. Saya berterima kasih atas jerih payah kalian untuk terus mengharumkan nama sekolah dan tentunya nama kabupaten dan provinsi tercinta ini. Terutama untuk Indra yang berhasil menorehkan sejarah baru bagi SMAN 1 Manggar, kabupaten Belitung Timur, dan provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hal ini adalah hal yang sangat membanggakan,” sambungnya.

Selain itu, Sabarudin juga mengucapkan terima kasih pula kepada seluruh pihak yang telah mendukung. Yakni, kepada para pembina pelatih, orang tua dan seluruh warga SMAN 1 Manggar. Tidak lupa ia juga sangat berterimakasih kepada seluruh Tim OSN di bawah pimpinan Ibu Triwarti atas segala jerih payah, agar prestasi ini terus bertahan. “Yang pasti semua capaian ini adalah hasil kerjasama semua pihak. Semoga prestasi ini terus berlanjut kedepan. Totalitas adalah kunci kualitas,” tutup Sabarudin.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *