pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

KENDAL – Jika ingin menjadi Wartawan yang profesional, wajib mengikuti (UKW) Uji Kompetensi Wartawan Dewan Pers, karena UKW sebagai tolak ukur wartawan yang kompeten, walaupun saat ini masih banyak Wartawan yang mengatakan bahwa UKW itu tidak penting. Suroto Anto Saputro kelahiran Solo 16 Januari 1978 warga Kabupaten Kendal menjadi salah satu wartawan yang punya tekad belajar dan terus belajar menjadi wartawan yang profesional, semangatnya tidak pernah padam.

Kini perjuangannya membuihkan hasil yang patut diapresiasi, Suroto Anto Saputro sudah menjalankan kewajibannya sebagai wartawan, sudah lulus UKW (uji kompetensi wartawan) Dewan Pers melalui lembaga uji PT. Aksara Solopos pada tanggal 8-9 Januari 2022 jenjang Wartawan Muda.

Dan saat ini dia juga diberikan kepercayaan mengemban amanah menjadi Ketua (SWI) Sekber Wartawan Indonesia Provinsi Jawa Tengah Periode 2022-2027.

Semangatnya belajar tidak pernah padam, walaupun kesehariannya ada oknum-oknum yang selalu menganggapnya sepele dan remeh, bahkan ada oknum-oknum yang mengucilkan, menghujani fitnah, dan intervensi terhadap dirinya, namun hal tersebut justru dijadikan sebuah motivasi untuk semangat belajar dan terus belajar.

Saat di temui awak media di rumahnya, Pucuksari RT 05 RW 01, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Suroto Anto Saputro mengatakan, apapun kata orang saya berusaha ihklas dan tidak dendam, kata pepatah biarlah anjing menggonggong kafilah berlalu, “Dan yang paling penting saya sudah menjalankan kewajiban saya sebagai wartawan, yaitu mengikuti UKW Dewan Pers melalui lembaga Uji Solopos, dan alkhamdulilah dinyatakan kompeten dan lulus, “kata Suroto pada hari Sabtu 28/1/2023 kepada awak media.

Terkait menjadi Ketua (SWI) Sekber Wartawan Indonesia Provinsi Jawa Tengah itu hanya amanah yang diberikan oleh DPP SWI dan rekan-rekan wartawan, “Insyaallah saya akan berusaha belajar berorganisasi menjaga harkat dan martabat kewartawanan serta menjaga marwah organisasi sesuai Ad/Art SWI, “terangnya.

Selain itu, saya sangat tertarik dengan slogan SWI MEMBANGUN WARTAWAN PROFESIONAL DAN SEJAHTERA. Wartawan juga manusia butuh kehidupan yang layak. “Namun tidak ada ceritanya kelayakan hidup harus ditukar dengan idealisme yang tertanam dalam diri wartawan, “paparnya.

Ketua DPW SWI Jateng menghimbau kepada seluruh wartawan yang tergabung di SWI Jateng, jaga marwah dan martabat kewartawanan dan organisasi SWI, jangan ada anggota SWI yang melanggar Ad/Art SWI demi keuntungan pribadi, “himbaunya.

Sementara itu, Ketua SWI Jateng menyampaikan, semangat menjadi wartawan tidak boleh mati untuk menjadi corong kebenaran dan corong keadilan. Usia boleh menua, tapi spirit untuk menulis tak boleh redup. “Semangat menulis hanya akan berakhir seiring berpisahnya nyawa dari raga, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan organisasi Sekber Wartawan Indonesia di seluruh Jawa Tengah, “ucapnya.

Pria kelahiran Solo ini juga menuturkan, Di Organisasi Sekber Wartawan Indonesia Provinsi Jawa Tengah tidak ada istilah senior dan junior. Mari kita bersama-sama belajar meningkatkan kualitas dalam menjalankan tugas menjadi seorang wartawan, taati KEJ (Kode Etik Jurnalistik) semoga wadah SWI ini benar-benar bisa menjadikan wartawan yang profesional dan sejahtera, “tuturnya.

Ditempat terpisah, Ir. Supiyat Nasir selaku Direktur FK Prestalindo sekaligus penasehat DPW SWI Jateng mengungkapkan, saya sangat salut dan apresiasi semangat juangnya saudara kita, Suroto Anto Saputro, baru 3 bulan menjabat Ketua SWI Jateng dan dibantu pengurus lainnya, kini sudah membentuk 13 DPD SWI Kabupaten/kota se Jawa Tengah, bahkan punya target di tahun 2023 ini 35 DPD SWI kabupaten/kota Insya Allah sudah terbentuk, “ungkap Penasehat SWI Jateng.

Perlu diketahui, Ketua DPW SWI Jawa Tengah Suroto Anto Saputro memang tidak banyak bicara namun banyak bekerja, mempunyai dedikasi dan idealisme yang kuat didalam menggerakkan organisasi. Tidak mudah untuk menggerakkan organisasi yang baru, namun dengan ketekunan ulet yang dimiliknya baru 3 bulan menjadi Ketua, 13 DPD SWI Kabupaten/kota sudah terbentuk.

Ir. Supiyat Nasir menjelaskan, tidak hanya mengembangkan organisasi, namun Ketua DPW SWI Jateng juga memiliki inovasi yang dapat menelurkan program-program andalan yang saat ini mulai bergerak, “Dimana program tersebut menjawab Misi SWI yaitu, menjadikan wartawan yang profesional dan sejahtera, “jelasnya.

Perlu diketahui bahwa Suroto Anto Saputro saat ini juga sudah mendirikan media sendiri, yaitu tribunkendal.com dan YouTube Tribun Kendal TV yang ditertibkan oleh PT. Media Tribun Kendal, intinya saya sangat salut dan salut, semoga media Tribun Kendal sukses dan jaya, “pungkasnya.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *