pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Manggar, Beltim –  Hj. Suyatmi Harun selaku Ketua Umum DPP Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (Harpi) membakukan Tata Rias PengantiBejamang Belitung Timur di Gedung Auditorium Zahari Mz, Manggar, Selasa (21/3).

Suyatmi Harun mengatakan komitmen organisasi Harpi adalah untuk menggali, melestarikan, mengembangkan dan memasyarakatkan tata rias pengantin daerah yang pakem atau yang mengikuti aturan/kaidah turun temurun.

“Kami DPP Harpi ‘Melati’ dengan ini menyatakan bahwa Tata Rias Pengantin Bejamang Belitung Timur telah resmi dibakukan dan bisa diujikan di tingkat nasional serta dapat dilombakan baik ditingkat nasional atau internasional,” kata Suyatmi dalam acara Pembakuan Tata Rias Pengantin (TRP) Bejamang Belitung Timur tersebut.

Setelah membakukan, pihaknya mensosialisasikan kepada para perias pengantin yang tergabung di Harpi ‘Melati’ juga kepada masyarakat umum pengguna jasa mengenai Tata Rias Pengantin Bejamang Belitung Timur

Dalam sambutannya, Suyatmi mengapresiasi kepada Pemkab Beltim yang telah mendukung dan mengembangkan kearifan lokal dalam pelestarian budaya.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian budaya dan mengembangkan kearifan lokal di Kabupaten Beltim. Lokakarya tersebut selain untuk memperkaya khasanah warisan budaya sekaligus menjadi salah satu identitas Kabupaten Beltim,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Beltim yang diwakili Sarwan selaku Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim menyampaikan upaya pemakeman pakaian adat dan pakaian pengantin adat Beltim merupakan langkah dan kontribusi berharga agar warisan leluhur terkait adat istiadat tata rias pengantin tidak hilang karena masuknya arus modernisasi.

“Saya mendukung dan menyambut baik kegiatan ini dalam rangka kepedulian bersama terhadap pelestarian kearifan lokal sehingga tata rias busana Bejamang Belitung Timur yang ditetapkan menjadi hak milik sah dan dapat menjadi kebanggaan Kabupaten Beltim,” ujar Sarwan dalam sambutannya. (ver)

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *