pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Sebanyak 29 mahasiswa asal UGM tiba di Kabupaten Belitung (25/6-2023) untuk melakukan KKN di dua desa di Selat Nasik Belitung, yaitu Desa Suak Gual dan Desa Petaling, mahasiswa KKN ini mengemban misi Mereka akan membawa misi untuk memperbaiki fasilitas pariwisata di dua desa tersebut.

Dalam kegiatan KKN ini mahasiswa UGM membidik wilayah kecamatan Selat Nasik di Desa Suak Gual dan Desa Petaling karena kedua wilayah tersebu memilik berbagai potesi, seperti pariwisata, kehutanan dan perikanan

Koordinator Mahasiswa Unit KKN Laskar Selasik UGM, Maxmillian Haditanto menyatakan bahwa potensi perikanan, kehutanan dan pariwisata ini belum banyak di ekspor, dan mahasiswa yang melaksanakan KKN ini tertarik untuk mengembangkan potensi tersebut.

Max menyebutkan kendala utama yang dihadapi mahasiwa adalah sulit nya sarana transport menuju ke areal KKN di Selat Nasi yang terpisah dengan laut dari kota Kabupaten Belitung Tanjungpandan berjarak 55 Km, sedangkan penyeberangan dari Pangkalan Dudat Kec, Membalong 8 km

Peserta KKN UGM ini berasal dari berbagai latar ilmu, mereka mengusung tema KKN yaitu ‘Pembenahan Pola Hidup Masyarakat dan Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa pada Sektor Pariwisata dan Bahari melalui Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, Pengembangan Teknologi, serta Pembangunan Infrastruktur’, mereka akan berada di Kecamatan Selat Nasik selama 50 kedepan

Program kerja mereka juga akan mengarah kepada pendataan potensi sumber daya alam desa, mengembangankan sumber daya manusia, dan ikut memfasilitasi kebutuhan masyarakat Desa Petaling dan Desa Suak Gual, serta program utama nya pengembangan Pariwisata.

Sementara itu  Camat Selat Nasik, Azhari menyambut baik kehadiran mahasiswa UGM yang dilaksanakan di wilayahnya. Dia berharap para mahasiswa ini bisa menjalankan program sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa.

“Yang utama soal stunting sebagai masalah utama dan berkepanjangan yang diharapkan dapat menjadi salah satu program mahasiswa,” kata Azhari. 

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *