pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

PANGKALPINANG – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr Safrizal ZA, berharap, jurnalis di Indonesia, khususnya di Kepulauan Babel, dapat berperan dalam pembangunan karakter bangsa.

Demikian disampaikannya, saat membuka secara resmi pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang digagas oleh Pro Jurnalis Siber (PJS) Kepulauan Babel, di Wisma 88 Pangkalpinang, Kamis (11/1/2024).

“Selamat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan UKW. Yang lulus tes ini (UKW) saya rasa bukan kaleng-kaleng. Sukses selalu dan selalu bersinergi dalam membangun Babel,” tutur Safrizal

Lulusan terbaik IPDN angkatan pertama menyebut, bahwa sebagai Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dunia jurnalistik bukan sebuah hal baru baginya.  

Lebih lanjut, Safrizal berpesan, agar insan pers memberikan informasi yang sesuai fakta ke masyarakat.

“Karena berita itu adalah fakta-fakta. Jadi sebelum prasangka naik cetak pastikan ada konfirmasi. Dan jangan pula sampai wartawan dimanfaatkan oleh misi orang tertentu,” pintanya.

Selain itu, Safrizal juga berpesan, agar para jurnalis mampu bersaing dan mengikuti perkembangan zaman. 

“Jurnalis itu cerdas, akan tetapi, saat ini kita dihadapkan dengan sebuah tantangan, yaitu perkembangan zaman. Semua aspek, termasuk dunia jurnalistik, dituntut serba cepat. Tapi beginilah fenomena jurnalis era now,” pesannya.

“Selain mengandalkan kecerdasan yang dimiliki, jurnalis juga dituntut mengikuti perkembangan zaman. Saya yakin, para jurnalis sudah memahami situasi ini. Yang pasti, waktu akan mendidik kita semua agar menjadi sosok yang lebih cepat, tepat, efektif dan efisien,” tukasnya.

Sekedar informasi, kegiatan UKW yang digagas PJS Kepulauan Babel, dengan menggandeng Lembaga UKW Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” itu, akan digelar selama dua hari, mulai dari tanggal 11-12 Januari 2024, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi jurnalis, di Negeri Serumpun Sebalai.

Turut hadir mendampingi Pj Gubernur Safrizal dalam kegiatan tersebut, Kepala Diskominfo Kepulauan Babel Sudarman. Turut hadir pula, Ketua Umum PJS Mahmud Marhaba, perwakilan Lembaga UKW Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran”, Kepala Humas PT Timah Tbk Anggi Siahaan serta Ketua PJS Kepulauan Babel Riky Fermana.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *