pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Malang, 2 Juli 2022  Rangkaian Road To Ministry of Finance Festival (MOFEST) 2022 masih terus bergulir. Pada penyelenggaraan kali ini, Kota Malang terpilih menjadi kota ke-2 (kedua) dari rangkaian 4 (empat) kota yang direncanakan menjadi lokasi penyelenggaraan Mofest 2022. Acara yang bertujuan mewadahi kolaborasi peran pemerintah dan para pemuda dalam mewujudkan Visi Indonesia 2045 ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Heru Pambudi, Rektor Universitas Brawijaya, Widodo, dan Staf Khusus Menteri Keuangan bidang Perumusan Kebijakan Fiskal Regional, Candra Fajri Ananda. Pembicara dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan mulai dari beautypreneurco-founderawardee LPDP, hingga LPEI juga turut hadir guna membagikan pengalaman dan wawasannya kepada  peserta Mofest.

Pemerintah khususnya Kementerian Keuangan terus berusaha untuk melindungi dan mendorong generasi muda untuk meraih cita-cita melalui pengelolaan keuangan negara. Idenya dengan mendorong upaya Pembangunan Berkelanjutan atau yang lebih dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDG’s). Mengawali sambutannya, Sesjen Kemenkeu, Heru Pambudi menyampaikan materi mengenai konsep SDG’s “Indonesia Emas dengan Generasi Emas 2045”. Heru menyebut bahwa mewujudkan Indonesia maju, adil, makmur, yang manusianya sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia merupakan cita-cita dari para pendiri bangsa yang harus diwujudkan dengan karya nyata termasuk oleh para generasi muda. “Ini menjadi PR kita semua, anak muda yang mau ikut terlibat di dalam perekonomian akan sangat menentukan kemajuan Indonesia ke depan,” tegasnya.

Heru juga meminta kepada generasi muda agar terus menyiapkan diri, baik dari sisi kemampuan intelektual, berorganisasi, maupun kepemimpinan. “Anak muda yang memahami bagaimana perekonomian bergerak, pasti mampu melahirkan segudang ide cemerlang guna membantu mengelola keuangan negara menjadi lebih baik,” ujarnya. Pada akhir sambutannya, Heru berpesan kepada seluruh peserta untuk terus menggunakan produk-produk lokal, menjaga fasilitas umum, membayar pajak, menjaga kebersihan lingkungan, serta mengolah sumber daya di sekitar sehingga bernilai ekonomi.

“Saya yakin Anda punya banyak sekali ide kreatif dan bahkan punya jiwa kewirausahaan. Tetap fokus, bertekad untuk terus belajar, memberdayakan diri, sehingga kelak Anda akan bisa menjadi pemimpin di masa depan, apapun bidang yang anda geluti,” pungkas Heru menutup sambutannya.

Kota Malang selaku tuan rumah dipilih atas keberhasilannya menjadi salah satu kota dengan usaha ekonomi kreatif terbesar di Indonesia sekaligus satu-satunya kota di Jawa Timur yang ditetapkan sebagai kota kreatif tahun 2021 oleh Kementerian Parekraf. Ditambah lagi, Kota Malang juga menjadi salah satu tujuan favorit bagi generasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Hal ini juga menjadikan kota Malang sebagai kota yang memiliki demografi pemuda dalam jumlah besar sebagai partisipan acara Mofest.

Mofest merupakan festival kolaboratif yang diselenggarakan oleh Kemenkeu bagi generasi muda dalam mengembangkan karakter dan potensi diri, berinovasi, berdaya saing, berjejaring dan memahami potensi ekonomi Indonesia untuk bergerak bersama menuju Indonesia Maju 2045. Masih mengusung tema “Master Your Future atau Taklukkan Masa Depanmu” rangkaian kegiatan MOFEST 2022 diharapkan dapat memicu generasi muda yang ada di Malang dan sekitarnya untuk terus-menerus mempersiapkan dan mengembangkan diri menuju Visi Indonesia 2045. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan ditujukan bagi pelajar, mahasiswa, firstjobber, freelancer ataupun profesi lainnya dengan target peserta generasi muda.

Dalam kegiatan ini para peserta berkesempatan untuk bergabung dalam Komunitas #UangKita (Komunita). Komunita adalah program Komunitas dari Kemenkeu yang bertujuan untuk mengakselerasi terbentuknya ekosistem generasi muda melalui pengembangan karakter dan potensi diri dengan memahami kebijakan pengelolaan keuangan negara atau #UangKita dan berperan sebagai penggerak perubahan menuju masa depan Indonesia Maju 2045.

Para anggota yang bergabung dalam Komunita akan difasilitasi dengan berbagai program dan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan skill dan knowledge. Selain itu, anggota juga akan mendapatkan kesempatan untuk berorganisasi, berjejaring, dan terlibat dalam program, serta kegiatan Kementerian Keuangan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Anggota Komunita yang sudah terdaftar saat ini berjumlah sekitar 1.300 orang yang didominasi oleh mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Untuk mendaftar sebagai anggota Komunita sangat mudah. Calon anggota Komunita diutamakan berusia 18-25 tahun, merupakan non-ASN Kemenkeu, berkomitmen, memiliki loyalitas dan passionate terhadap komunitas, dan melengkapi formulir pendaftaran yang telah disediakan pada situsweb komunita.kemenkeu.go.id.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *