pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

(Oleh : Joko Dalmadyo/Dewan Penasehat PKR)

Terungkap kata sedulur sinorowedi, asal muasal dari warisan leluhur dan juga tersirat dari slogan Panji Panji Hitam dari timur, yang merupakan penggambaran perwujudan adab adab ketimuran yang selalu melekat dan arah dan petunjuk dari warisan para pendahulu, para nenek moyang kita yang selalu mengedepankan budaya sopan santun Budi pekerti luhur dan nilai nilai kegotong Royongan, y didalam memperjuangkan nasib dan eksistensi bangsanya yang menjunjung tinggi saling menghormati antar manusia, memperjuangkan tumpah darah demi keutuhan dan kedaulatan negri yang dicintainya, sanggup membela bumi tertiwi sampai titik darah penghabisan.

Kontek sedulur sinorowedi inilah yang menjadi tonggak dan dasar budaya orang Jawa didlm membangun kekuatan fondamental dlm memperjuangkan tumpah darah negerinya dari serangan musuh yang ingin merebutnya. Hal ini terus menghilhami para generasi penerus bangsa didlm memperjuangkan untuk keutuhan bangsa negaranya dan berjuang didlm bersama sama mengangkat harkat dan martabatnya di dlm kehidupan sosial dan bernegara.

Sedulur sinorowedi didlm nya terkandung Magna yang dalam terkait ttg sesuatu ikatan hubungan yang sangat erat yang tertanam di dlm hati sanubari dari masyarakat itu sendiri. Walaupun kita bukan berasal dari garis keturunan yang sama atau bukan sedarah, namun dg telah mengikrarkan diri dlm ranah sedulur sinorowedi, seraya kita sudah menetapkan janji hati diantara kita diantara masyarakat diantara anak bangsa adalah saudara. Saudara yang di maksud adalah ikatan persaudaraan yang kuat seperti halnya ikatan persaudaraan diantara saudara sedarah bahkan mungkin melebihi, artinya termagna sebuah ikatan persaudaraan yang sangat kuat dan tidak akan tergoyahkan oleh tekanan apapun, akan di bela dengan segenap jiwa dan raga.

Oleh karena itu di dlm pengejowantahan atau perwujudan kontek sinorowedi termagna beberapa hal yang sangat urgen dan mendalam ttg sebuah kekuatan hubungan dan budaya yang sangat baik didlm membangun karakter bangsa, 

Magna yang tersirat dalam slogan sedulur sinorowedi kalau  di kupas antara lain.

1. Kerukunan..

Dengan kita sudah mengikrarkan diri bahwa kita satu dg yang lain saling menganggap sebagai saudara tentu saja akan tercipta terbangun suasana yang rukun, hubungan yang harmonis dan saling mendukung saling membantu satu dg yang lainnya, terbangun suasana di masyarakat yang guyub rukun kompak bersatu satu arah satu tujuan didalam mengemban kehidupan bermasyarakat. tidak ada percekcokan, tidak ada selisih pemikiran semua permasalahan, bisa di selesaikan dg baik baik secara musyawarah dan mufakat mengacu pada kepentingan masyarakat bersama.

2. Jiwa gotong royong

Dengan kita selalu mengedepankan kontek sedulur sinorowedi dlm kehidupan bermasyarakat tentu saja kita akan mudah didlm membangun sebuah kinerja bersama kinerja yang termaknaibdari sebuah ikatan tanggung jawab bersama, saling membantu satu dengan lainnya dg terbangun rasa ikhlas yang tinggi diantara sesama masyarakat, karena mereka saling menyadari bahwa tugas atau pekerjaan yang di emban merupakan tugas  yang wajib dipikul bersama, berat sama di pikul ringan sama di jinjing, artinya beban yang berat wajib diangkat  sama sama, beban yang ringan wajib di bawa

bersama sama, artinya beban baik ringan atau berat menjadi tanggung jawab bersama yang harus di selesaikan dg baik secara bersama sama. Dengan demikian mereka akan sadar saling membantu satu dengan lainnya dari sebuah beban dan telah terbangun menjadi anak budaya bangsa.jiwa sosial dg tercipta dari lapisan masyarakat secara turun temurun selalu di wariskan oleh para leluhur kita, yang menjadi kekuatan yang besar dalam lingkungan masyarakat, yang juga merupakan perwujudan kontek Hanata baris dlm kehidupannya.

3. Toleransi dan saling menghormati

Dengan terbangunnya kontek persaudaraan sedulur sinorowedi tentu saja budaya yang mengembang di masyarakat secara alamiah di sadari atau tidak sudah terbangun nuansa keharmonisan dlm bermasyarakat, saling hormat menghormati satu dg lainnya , saling tenggang rasa, toleransi diantara warga masyarakat, walaupun mungkin kita beda beda suku ras golongan agama dengan kebinekaan ini tetapi kita tetap bersatu tetap rukun tetap kompak karena, pada dasarnya kita adalah saudara sehingga tidak mungkin akan terpecah pecah. Oleh karena itu dlm kehidupan di masyarakat akan selalu tercermin nuansa  saling menyayangi saling mencintai sesama warga masyarakat  dan saling menjaga keutuhan dan persatuan kesatuan didlm kehidupan berbangsa dan bernegara.

4. Jiwa militansi dan patriotis.

Magna dari sedulur sinorowedi salah satunya yaitu tersirat jiwa patriotis terhadap masyarakat bangsa dan negara. karena dengan kita sebagai warga,masyarakat satu dg yang lain sudah saling menganggap sebagai saudara tentu saja masing masing telah memiliki ikatan yang sangat kuat didlm menjaga jati diri kita, yang selaku akan mempertahankan keutuhan dan harga diri kita kepada pihak lain yang akan merusak bahkan menjarah hak atau milik kita, akan selalu mempertahankan segenap jiwa dan raga, terhadap  tanah air bumi dan seisinya tentu saja akan di pertahankan bersama sama didlm menjunjung tinggi harga diri dan harkat martabat suatu kaum bangsa dan negara, militansi akan terbangun jiwa jiwa patriotis di masyarakat dlm mempertahankan status quo yang menjadi miliknya yang menjadi ibu Pertiwi, Krn tanah bumi air dan seisinya adalah kekayaan alamyang dimilikinya adalah warisan  dari leluhur kita yang wajib kita lestarikan, karena sudah menjadi tanggung jawab bersama.

5. Makluk Sosial.

Dengan magna persaudaraan tentu saja juga merupakan cerminan dari ikatan persaudaraan yang kuat diantara. masyarakat sendiri, karena kita adalah juga bagian dari makluk sosial artinya didalam menjalankan roda kehidupan kita tidak akan lepas dari saling membutuhkan satu dengan lainnya.

Sehingga didalam kehidupan bermasyarakat kita saling membantu satu dengan lainnya, saling bergotong royong bahu membahu saling sumbang sih dari kemampuan yang kita miliki akan saling mengisi kekurangan sehingga bisa mencukupi semua kebutuhan dlm kehidupan bermasyarakat. harmonisasi dan akselerasi dlm kehidupan bermasyarakat ini akan terbangun seiring seimbang dan selaras saling sumbangsih dlm bersama sama membangun kehidupan bermasyarakat tentu saja dg Magna sedulur sinorowedi akan lebih mewujudkan kuatnya didlm membangun  berbangsa dan bernegara  bernegara, karena bisa mewujudkan sebuah kepentingan dan  tanggung jawab bersama dari  semua warga masyarakat, sebagai makluk sosial.

Dengan sedulur sinorowedi Magna persaudaraan ini akan lebih mewujudkan tatanan masyarakat yang damai tentram harmonis didlm kehidupan bermasyarakat. sebagai bangunan yang fondamental didlm membangun tatanan karakter  bangsa

Sebagai modal dasar didlm membangun. persatuan kesatuan dan keutuhan berbangsa dan bernegara. kita sesama warga masyarakat tentunya akan sadar dan berkewajiban untuk saling menjaga dan mempertahankan keutuhan persatuan dan juga berjuang demi kemakmuran negri yang bisa dinikmati oleh seluruh lapisan  didlm kehidupan bermasyarakat, 

Didalam membangun tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara dg jiwa sedulur sinorowedi tentu saja akan lebih mengedepankandan mengutamakan  tentang kepentingan masyarakat umum kepentingan semua warga lebih prioritas lebih utama dari pada kepentingan pribadi kelompok atau golongan, karena kita adalah  saudara, Mulya satu Mulya semua, sakit satu merasa sakit semua, makmur satu makmur semua, hal ini seharusnya bisa menjiwai dari semua jajajran pemimpin yang tercipta di semua lapisan masyarakat, baik pejabat negara, pejabat pejabat pemerintahan dan tokoh  tokoh masyarakat  harus terbangun jiwa pemimpin sejati yang siap melindungi dan mewujudkan harapan harapan masyarakat sehingga bersama sama saling bahu membahu bergotong royong  berjuang untuk mengangkat kehidupan masyarakat menuju sejahtera, meningkatkan taraf hidup mereka dan juga kesejahteraan alam disekitarnya di bumi pertiwi yang kita miliki.

Bersama Tikus Pithi Hanata Baris yang selalu mengedepankan dan menjunjung tinggi Panji Panji Hitam dari timur adab adab ketimuran ini yang selalu mengutamakan kerukunan kekompakan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai modal utama di dlm  berjuang untuk menggapai perubahan sejarah bangsa nuswantara menuju lebih baik menuju cita cita  tatanan masyarakat yang gemah Ripah loh jinawi Toto Titi tentram Kerto Raharjo, masyarakat yang makmur dalam keadilan adil dalam kemakmuran. dengan konsep kita bisa Hanata baris saling membantu dan berjuang bersama dlm mewujudkannya  dari semua warga masyarakat bukan hal yang tidak mungkin terjadi, pasti akan mudah dlm meraihnya.

Bersama Partai Kedaulatan Rakyat inilah kita mengajak semua lapisan masyarakat bisa Hanata baris dengan slogan sedulur sinorowedi inilah kita  bersama sama berjuang saling  membantu saling mendukung saling sumbangsih dari semua warga masyarakat bersama sama mewujudkan tekad dan cita cita untuk mengangkat harkat martabat dan taraf hidup masyarakat menuju lebih baik menuju masyarakat yang Madani yang saling menghormati dan sing membangun sebuah tanggung jawab bersama untuk menggapai sebuah harapan yang lebih baik.

Bersama sama berjuang dan bertekad bersama membangun dengan selalu mengedepankan kepentingan masyarakat, bagaimana berusaha untuk meringankan beban masysrakat, bersama sama masyarakat mengakselerasi sebuah kebijaksanaan dari pemangku pemerintah pemangku negara yang lebih berpihak kepada kepentingan masyarakat umumnyaasysrakay jelata masyarakat kecil yang wajib menjadi tolok ukur dan barometer dlm mengambil kebijakan sehingga semua program akan tercipta dan terbangun dlm mengangkat dan mengarah pada peningkatan taraf hidup rakyat.

Kehidupan masyarakat kecil secara menyeluruh dan merata dapat menikmati peningkatan kehidupan baik secara ekonomi sosial dan keagamaan  sehingga terjalin tatanan kehidupan yang selaras harmoni dan Madani baik di kehidupan masyarakat bawah menengah dan atas saling mendukung dan menjunjung tinggi terhadap hubungan  keharmonisan bermasyarakat. sehingga semua stake holder dan aparat pemerintah  akan bersatu padu dalam kontek satu persepsi yaitu membangun kemakmuran negri yang bisa dibrasakan oleh semua lapisan masyarakat.

Sehingga peran pejabat pemangku penguasa selaku pimpinan bisa menjunjung tinggi terhadap jiwa leadership yang baik yang selalu berusaha dan berjuang untuk selalu melindungi yang lemah dan mewujudkan harapan mereka sehingga semua warga masyarakat di semua lapisan bisa bersatu padu satu pemikiran satu tujuan yaitu untuk kemakmuran negri, kemarmuran masyarakat yang berazaskan keadilan. adil dalam kemakmuran makmur dalam keadilan sesuai cita cita yang tertuang didalam sila ke 5 Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. perwujudan ini butuh kesadaran dari semua pemangku pemerintah stake holder dan dukungan masyarakat dalam menata roda pemerintahan yang selalu berpihak kepada kepentingan rakyat secara sungguh sungguh bukan slogan semata. sehingga kita akan bisa membangun dlm berbangsa dan bernegara menuju tatanan masyarakat yang meningkatkan taraf hidup kita  menuju masyarakat  yang bisa sejajar dengan bangsa lain bahkan lebih tinggi derajadnya dengan bangsa bangsa di dunia ini. karena kekuatan rakyat adalah kekuatan yang tidak mungkin terkalahkan.

Mari bersama PKR kita ujudkan bersama. PKR hadir pembawa perubahan kesejahteraan masyarakat menuju lebih baik. mari kita torehkan tinta emas catatan sejarah di negri kita ini menjadi bangsa yang hebat bangsa yang terhormat menuju masyarakat yang selahtera lahir dan batin..

PKR HADIR UNTUK RAKYAT DARI OLEH DAN UNTUK RAKYAT.

PKR SALAM DAULAT RAKYAT

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *