pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Sebagai bagian dari komunitas yang peduli terhadap eksistensi Seni Budaya, maka setiap selapan sekali, yakni  hari Sabtu Malam Minggu Legi, Komunitas Minggu Legen besutan Dr. Akhir Lusono mengadakan kegiatan yang bertajuk “Seni  Budaya Bisa Ngeneng-enengi, Yogyakarta Aja Mbok Ladhak-i”. Kegiatan bulan ini jatuh pada, Sabtu, 23 Juli 2022 jam

Pada pukul 19.30 WIB sd 22.00 WIB bertempat di Sanggar Srengenge Emas/ Kampung Cebongan RT 11, Dk 4 Cungkuk, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta. Adapun kali ini yang dihadirkan sebagai narasumber adalah, H. Heniy Astiyanto, S.H seorang Advocat/ Mediator dan Budayawan. Narasumber pertama akan mengetengahkan topik paparan Peran Seni Budaya Dalam Memerangi Kejahatan Jalanan. Sementara untuk narasumber lainnya adalah,  Dr. Ratun Untoro, M.Hum

PNS pada Balai Bahasa Yogyakarta, yang akan berbicara tentang Hakekat Seni Budaya Pada Kehidupan. Para narasumber adalah orang yang memiliki latar belakang praktisi dan juga Akademisi. Moderator kegiatan adalah Dr. Akhir Lusono, S.Sn, M.M, Ketua Komunitas Minggu Legen. Dalam acara tersebut juga akan tampil para pembaca puisi baik yang sudah dihubungi maupun yang hadir saat itu. Shera, Kansa, Endah, Daffa, Merynda Yokawati  yang merupakan siswa SMKI, SMM dan ISI Yogyakarta akan membawakan performance sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Menurut Akhir kegiatan mengangkat tema yang saat ini baru trending topik yakni kekerasan yang baru saja terjadi di Yogyakarta. Tentu dalam kegiatan dimaksud akan ada dialog dan paparan. Diskusi yang nantinya bisa ditarik sebuah harapan Yogyakarta tetap harus terus aman, nyaman, damai. Tata  tentrem, gemah ripah loh jinawi. Karena Yogyakarta dengan berbagai sebutan yang disandangnya harus mampu dan bisa mewujudkannya. Jangan sampai diusik dan terusik oleh tindak tanduk yang tidak selaras dengan slogan Yogyakarta berhati nyaman, Yogyakarta kota budaya, pendidikan, perjuangan dan lainnya.

Dipenghujung wawancara Dr. Akhir Lusono yang juga seoarang PNS di BBPPMPV Seni Budaya dan membantu mengajar di AKN Seni Budaya Yogyakarta ini menyampaikan slogan Komunitas Minggu Legen yang terdiri dari Ki. Slamet Gcs, Yatno RT, Supriyanto Gas, dan Prantono.

“Alon-alon waton kelakon, Gremet-gremet waton slamet. Jumbuh kang ginayuh, dadi kang kaesthi,” punhkasnya.

Komunitas Minggu Legen semoga lestari. Ngrembakakake Seni Budaya. Salam Budaya.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *