pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Agama, pemahaman keagamaan, dan sikap keberagamaan adalah tiga pengertian yang saling terkait antara satu dengan lainnya.

Agama adalah persoalan ketuhanan yang diturunkan kepada manusia untuk dipahami, dijadikan pegangan dan prinsip mengatur kehidupannya. Agama sesungguhnya secara normatif adalah ajaran suci, penuh kedamaian, kemuliaan, dan menghargai kemanusiaan.

Masalah mendasar menyangkut persoalan keagamaan saat menjadi sikap keberagamaan, adalah masalah hubungan antarpemeluk agama satu dan lainnya.

Wilayah kebenaran penafsiran agama sering menggunakan standar ganda; kebenaran dianggap menjadi otoritas kelompok agamanya sendiri, sedangkan umat agama lain dianggap jauh dari kebenaran.

Padahal pemilik kebenaran sejati adalah Tuhan. Berangkat dari pemahaman ini, maka kebenaran yang ditafsirkan selama ini hanyalah kebenaran yang relatif.

Benar bahwa dalam masing-masing agama diajarkan untuk membela, menyebarkan, dan patuh pada kebenaran agamanya.

Tetapi, hal itu harus disesuaikan dengan kondisi sosiologis, antropologis, historis, di mana umat beragama itu berada.

Jika ia berada dalam masyarakat yang homogen keberagamaannya, tentu itu tidak menjadi soal.

Namun, ketika agama ada dalam masyarakat yang multireligius dan multikultur, tentu menjadi problem yang membutuhkan penyelesaian.

Jika tidak, akan tercipta klaim kebenaran yang mengarah pada pengkultusan dan pembelaan buta yang akan berbahaya pada kehidupan sosial.

Karena itu, pluralisme sesungguhnya menjadi keharusan dalam masyarakat Indonesia.

Tuhan tidak menciptakan satu kelompok yang monolitik dan eksklusif; tetapi kelompok itu justru sebagai upaya untuk saling bekerja sama, tolong menolong, serta berkompetisi secara benar dan sehat untuk kebaikan.

Tuhan adalah zona damai ketika semua orang bisa berkawan dan hidup bersama.

(Akhlanudin/Pembelajar Budaya Indonesia/Ketua Dewan Kesenian Belitung 2014-2018)

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *