pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Bangunan liar yang berada di di Danau Nujau Desa Selinsing, Kecamatan Gantung ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Belitung Timur, Rabu (13/7/2022)

Bangunan liar tersebut disinyalir tidak memiliki izin usaha, bangunan liar berbentuk warung menggunakan terpal tersebut juga kedapatkan menjual minuman beralkohol (minol) jenis Bir.

Sementara itu berkenaan dengan Penertiban bangunan liar dan penyitaan barang bukti yang tanpa didampingi oleh PPNS, Daulat Rakyat mencoba mengkonfirmasi ke Kabid Gakkumda PolPP Belitung Timur, namun pesan via WA kepada  Heryono tidak mendapat respon hanya di red (centang biru).

Demikian juga ketika di tanyakan ke Kasatpol PP Kabupaten Belitung Timur Adlan Taufik, S.T, belum memperoleh jawaban tentang penyitaan dan pengamanan barang bukti tanpa di dampingi oleh PPNS

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (“PPNS”) merupakan penyidik yang berasal dari PNS untuk melakukan penyidikan tindak pidana tertentu. Biasanya tindak pidana tersebut bukan tindak pidana umum yang biasa ditangani oleh penyidik Kepolisian.

Berdasarkan Pasal 1 angka 5 PP No. 43 Tahun 2012, yang dimaksud dengan PPNS adalah Pejabat Pegawai Negeri Sipil tertentu yang berdasarkan peraturan perundang-undangan ditunjuk selaku Penyidik dan mempunyai wewenang untuk melakukan penyidikan tindak pidana dalam lingkup undang-undang yang menjadi dasar hukumnya masing-masing.

Penyidik PPNS Kabupaten Belitung Timur, Nazirwan ketika di hubungi oleh Daulat Rakyat menyatakan dirinya tidak mengetahui ada nya razia oleh Satpol PP Kabupaten Belitung Timur di Danau Nujau tersebut.

“Saya tidak tau bang adanya kegiatan razia tersebut, seharus nya kami dilibatkan sesuai dengan peraturan yang berlaku”Ujar Nazirwan

Pada dasarnya, setiap penyidikan harus mengacu pada ketentuan UU No. 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (“KUHAP”) dan dalam melaksanakan kewenangannya, PPNS dalam bidang apapun harus berkoordinasi dengan penyidik Kepolisian. Untuk mengatur kewenangan PPNS diterbitkanlah Perkapolri No. 6 Tahun 2010 tentang Manajemen Penyidikan Penyidik Pegawai Negeri Sipil.

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *