pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Manggar, Belitung Timur– Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Jawa Barat akan melakukan pendampingan atlet dan pelatih di bawah KONI Kabupaten Belitung Timur. Pendampingan ini terlaksana berkat adanya Perjanjian Kerjasama antara KONI Beltim dan FPOK UPI Bandung.

Perjanjian kerjasama ditandangani oleh Ketua Umum KONI Beltim Kamarudin dan Dekan FPOK R Boyke Mulyana yang diwakili oleh Ketua Program Studi Kepelatihan Fisik dan Olahraga Alen Rismayadi di Ruang Rapat KONI Beltim, Kamis (25/8/22). Acara disaksikan oleh Ketua DPRD Beltim Fezzi Oktulseja, para pengurus inti KONI Beltim serta Ketua Pengkab Cabor.

Ketua Prodi Kepelatihan Fisik dan Olahraga Allen Rismayadi mengatakan Perjanjian kerjasama ini merupakan tindaklanjut MoU antara Bupati Beltim dan Rektor UPI pada 2020 lalu. Kabupaten Beltim merupakan daerah pertama di Sumatera yang melakukan Kerjasama dengan FPOK UPI.

“Bukan hanya dengan Pemkab/Pemkot atau KONI kita juga jalan kerjasama dengan instansi Kepolisian dan TNI. Khusus untuk yang di Pulau Sumatera, Kerjasama dengan Kabupaten Beltim jadi yang pertama,” kata Alen.

Alen menyatakan lingkup kerjasamanya meliputi tiga bidang yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian masyarakat sesuai dengan Tridharama Perguruan Tinggi.

“Di Bidang Pendidikan termasuk di dalamnya penerimaan mahasiswa dari Beltiung Timur. Bidang Penelitian, dosen-sosen UPI melakukan riset ke Beltim, sedangkan Bidang Pengabdian Pelaksanan KKN, PPL dan kegiatan yang berhubungan langsung untuk masyarakat Beltim,” jelas Alen.

Khusus untuk kemajuan olahraga di Kabupaten Beltim, dengan adanya kerjasama ini KONI Beltim bisa mengirimkan atlet dan pelatih untuk dilatih atau dididik di UPI.

“Bisa juga sebaliknya nanti dosen-dosen kita yang terbang ke sini. Untuk anggaran kita bagi-bagi karena ini kerjasama, baik dari UPI maupun KONI Beltim,” ujar Alen.

Mudahkan Penerimaan Mahasiswa Asal Beltim

Sementara itu Ketua KONI Beltim Kamarudin menyatakan dengan adanya Perjanjian kerjasama KONI Beltim akan segera mengirimkan atlet dan pelatih untuk diklat atau pengalengan di UPI Bandung.

“Penandatanganan hari ini akan kita lanjutkan ke UPI Bandung mengingat Pak Dekan berhalangan hadir. Namun untuk wacana pengiriman atlet atau pelatih sudah bisa dilakukan,” ujar Toyo sapaan Kamarudin.  

 Menurut Toyo Perjanjian ini bukan hanya atlet dan pelatih olahraga saja yang diuntungkan, namun juga untuk kemajuan pendidikan Kabupaten Beltim. Apalagi di UPI banyak menerima mahasiswa berprestasi baik di Bidang olahraga maupun akademik.

“Hal ini kita harus bersyukur karena KONI Beltim yang pertama di Babel yang bisa MoU serta Kerjasama dengan Universitas Negeri yang terkenal di Bandung sementara Dinas Pendidikan yang ada di Babel pun belum tentu bisa menjalin kerjasama ini,” kata Toyo.  

Toyo menambahkan Koni Beltim sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pihak UPI Bandung yang diwakili Ketua Prodi  sudah mau membantu KONI Beltim dalam hal meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Beltim. Selain itu juga yang sangat menguntungkan bagi Kabupaten Beltim adalah atlet-atlet yang berprestasi bisa langsung diterima dari UPI dan tentunya bila atlet tersebut berprestasi selama  pendidikan akan diberikan beasiswa.

“KONI Beltim tetap selalu berusaha membantu atlet-atlet Beltim dan tetap memperhatikan masa depan seluruh atlet hal ini tentunya akan membantu meringankan beban orang tua dalam hal pendidikan,” ujar Toyo. @2!

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *