pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Belitung – , Kegiatan Ramadhan yang dijalani Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tanjungpandan tidak banyak berbeda dengan yang di luar Rutan / Lapas. Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Endang Meidiansyah (28/03/2023)

Kegiatan WBP Muslim selama Ramadhan di lapas tentunya sudah diatur. Mulai dari sahur hingga berbuka puasa, shalat tarwih berjamaah, ceramah, lalu ditutup dengan tadarus sampai pukul 22.00 WIB malam.

Penceramahnya berganti setiap hari, ini merupakan bentuk sinergi kita Bersama Kantor Kemenag Kabupaten Belitung. Untuk Jatah Makan Sahur, Bahan makanan sudah diolah sejak Pukul 01.00, sehingga Pukul 03.00 sudah siap untuk dibagikan ke Blok dan kamar hunian WBP. Aktifitas pagi tetap seperti biasa, Olahraga Pagi, dilanjutkan dengan bimbingan kerohanian di Masjid At Taubah. Sedangkan untuk berbuka puasa, Jatah Makan ditambahkan Extra Fooding yang dibagikan Mulai Pukul 16.00 WIB. Pukul 17.00 dilakukan penguncian kamar, dan WBP melaksanakan berbuka puasa di kamar masing – masing. Semua kegiatan keagamaan, termasuk pelaksanaan shaklat tarawih berjamaah dilaksanakan di Masjid At – Taubah didalam Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Untuk jam kunjungan, Tahun ini kita buka pukul 14.00 – 16.00 WIB, kita alihkan di jam siang agar mendekati waktu berbuka puasa. Ini sangat ramai sekali, Ada yang membawa ransum, nasi kotak, bahkan pizza.

“Walau dalam suasana Ramadhan, pemeriksaan terhadap para pengunjung tetap dilaksanakan sesuai SOP, sebagai langkah deteksi dini kita dari gangguan Kamtib,” jelas Endang

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Mahendra Sulaksana A.Md.IP,SH, MM menjelaskan dirinya telah menyusun skema baik Pembinaan maupun Pola Pengamanan selama Bulan Suci Ramadhan. Dari Pimpinan tentu ada arahan peningkatan kewaspadaan. Dan kita sudah melaksanakan berbagai langkah – langkah deteksi dini sebelum memasuki bulan suci Ramadhan ini, seperti Razia Blok dan Kamar Hunian, Koordinasi APH dan Instansi terkait. Jadi, selama bulan suci Ramadhan ini pengamanan juga diperkuat dengan Sambang Patroli baik dari Yon B Satbrimob Polda Babel, Patroli Sat Shabara Polres Belitung, Piket Polsek Badau, maupun Komsos dari Babinsa Kodim 0414 Belitung. Jajaran Kamtib juga secara rutin melakukan pengecekan arus distribusi listrik serta panel – panel listrik dengan berkoordinasi Bersama PLN Ranting Badau. Terkait Pembinaan Kerohanian termasuk Ibadah Shalat Tarawih berjamaah, kita menjalin sinergi Bersama Kantor Kemenag Kabupaten Belitung. Hal ini kami upayakan Bersama seluruh jajaran untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi WBP yang saat ini sedang menjalankan Proses Pembinaan di Lapas. Mohon doanya dari seluruh masyarakat, semoga Lapas Kelas IIB Tanjungpandan selalu kondusif.

Sebagaimana diketahui, Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dibawah Kanwil Kemenkumham Babel menampung WBP dari dua Kabupaten di Pulau Belitung, yaitu Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. Sebagai satu – satunya Lembaga Pemasyarakatan di Pulau yang berjulukan Negeri Laskar Pelangi, isi Penghuni saat ini sejumlah 191 Orang dari Kapasitas 121 (data Per 28/03/2023).

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *