pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

BNPB turut terlibat dalam Panitia Nasional Penyelenggara Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 yang akan dihelat di Kabupaten Biak Numfor, Papua yang direncanakan berlangsung pada akhir November ini.

Hal itu dituangkan dalam Keputusan Menko Marvest No. 33 Tahun 2023, di mana Kepala BNPB bertugas sebagai Anggota Pengarah STC 2023. Sementara itu Direktur Sistem Penanggulangan Bencana BNPB sebagai Anggota Bidang Pengamanan, Keselamatan dan Kesiapsiagaan Bencana.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S. Sos., M.M. saat menghadiri Rapat Koordinasi Tingkat Menteri membahas Persiapan Penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih Tahun 2023 di Kantor Kementerian Investasi, Jakarta pada Rabu (11/8) memaparkan, sesuai tugas dan fungsinya, BNPB terlibat pada pengamanan baik sebelum acara dan saat acara berlangsung.

Suharyanto mengungkapkan berdasarkan sejarahnya pernah terjadi gempa yang mengakibatkan tsunami di sekitar Teluk Cenderawasih pada tahun 1996.

Untuk mendukung penyelenggaran STC 2023 BNPB telah meningkatkan kapasitas dan sebagai langkah mitigasi hadapi bencana bagi masyarakat dan pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan tersebut, seperti sosialisasi kajian risiko bencana ke Kabupaten Biak dan sekitarnya, kemudian akan segera melaksanakan latian gladi posko, simulasi evakuasi bencana dan kesiapsiagaan.

Dengan sudah adanya Surat Keputusan Darurat dari pemerintah daerah setempat, Suharyanto mengaskan BNPB dapat mengerahkan amunisi kebencanaan guna mendukung kegiatan ini sejalan dengan langkah Pemerintah Kabupaten Biak yang telah mengeluarkan surat keputusan darurat. Sehingga dengan dasar itu, BNPB akan segera memberikan bantuan, baik bersifat anggaran maupun bersifat peralatan dan logistik yang dibutuhkan.

Tentu saja ini kaitannya bukan terkait dengan peralatan dan logistik acara, tetapi berkaitan dengan logistik peralatan dan anggaran untuk kesiapsiagaan menanggulangi bencana.

Terkait cuaca di lokasi penyelenggaraan, BNPB dan pihak terkait akan terus memantau kondisi dan juga akan mengambil upaya pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *