pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023. Eksekusi penalti Asnawi Mangkualam pada menit ke-41 membuka peluang Skuad Garuda lolos ke 16 besar.

Bermain di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1/2024) malam WIB, Indonesia langsung melakukan serangan sejak kickoff babak pertama. Di menit pertama, Rafael Struick menerobos ke kotak penalti dan melepaskan tembakan keras, sayang masih ditepis Filip Nguyen.

Pada menit kedelapan Skuad Garuda kembali mendapat peluang emas dari kotak penalti. Kerja sama satu dua pemain Indonesia berakhir di kaki Rafael Struick namun sayang tembakannya masih melenceng di sisi atas gawang Vietnam.

Indonesia terus menggempur lini pertahanan Vietnam lewat aksi Rafael Struick yang tampil cukup baik di lini serang Skuad Garuda. Hingga akhirnya, Tim Merah-putih mendapat hadiah penalti pada menit ke-40, setelah pemain Vietnam menarik baju Rafael Struick di kotak terlarang.

Asnawi Mangkualam yang maju sebagai eksekutor dengan tenang menjalankan tugasnya. Sepakan keras kaki kanannya menghujam sisi kanan gawang yang dikawal Filip Nguyen dan membawa Indonesia unggul 1-0.

Gol ini membakar semangat Jordi Amat dkk. untuk terus menekan Vietnam. Namun, tak ada gol tambahan tercipta hingga babak pertama usai, Indonesia 1-0 Vietnam.

Di babak kedua, Vietnam mendapat peluang emas di menit ke-48. Beruntung tembakan Khuat Van Khang masih bisa ditepis Ernando Ari yang tampil gemilang.

Di menit ke-56, Asnawi Mangkualam ditarik keluar dan digantikan Witan Sulaeman. Hokky Caraka yang masuk menggantikan Rafael Struick mendapat peluang emas meski belum berhasil menambah gol.

Akselereasi Marselino Ferdinan dari sisi kiri di menit ke-90 terpaksa dijegal pemain Vietnam. Wasit pun mengeluarkan kartu kuning kedua kepada Le Pham Than Long, Vietnam harus bermain dengan 10 orang.

Vietnam mendapat peluang berbahaya di masa injury time. Tendangan bebas Pham Tuanh Hai mengarah deras ke sisi kanan gawang Indonesia namun berhasil ditepis Ernando dengan brilian.

Pertandingan pun berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Timnas Indonesia. Hasil ini membuka peluang anak asuh Shin Tae-yong untuk melaju ke 16 besar Piala Asia 2023.

Indonesia kini menghuni posisi ketiga klasemen Grup D dengan koleksi tiga poin di bawah Jepang, namun kalah selisih gol. Sementara Vietnam terbenam di dasar klasemen tanpa poin.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia XI (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Pratama Arhan, Jordi Amat, Sandy Walsh, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Justin Hubner; Egy Maulana Vikri, Rafael Struick, Yakob Sayuri.

Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam XI (3-5-2): Filip Nguyen; Phan Tuan Tai, Vo Minh Trong, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh, Bui Hoang Vietn Anh; Nguyen Quang Hai, Nguyen Thai Son, Nguyen Tuan Anh; Pham Tuan Hai, Nguyen Van Tung.

Pelatih: Philippe Troussier

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *