pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Jakarta: Timnas Kirgiztan berhasil menahan imbang Oman 1-1 pada laga pamungkas Grup F Piala Asia 2023. Hasil ini memastikan Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik.

Laga Kirgiztan vs Oman berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (25/1/2024) malam WIB. Oman mencetak gol cepat pada menit kedelapan lewat aksi Al-Ghassani menaklukkan Erzhan Tokotayev dari jarak dekat.

Unggul satu gol, Oman terus menggempur pertahanan Kirgistan. Namun, peluang Salaah Al-Yahyaei pada menit ke-26 masih menyamping tipis dari target.

Kirgistan kesulitan untuk mengembangkan permainan. Alhasil, skor 1-0 untuk Oman menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Kirgistan sempat membuat kejutan di menit-menit awal. Joel Kojo berhasil menggetarkan gawang Oman melalui heading terukur pada menit ke-47.

Sayang, wasit menganulir gol tersebut setelah berdiskusi dengan petugas VAR. Joel Kojo dinyatakan offside sebelum cetak gol.

Gol yang ditunggu-tunggu Kirgistan akhirnya tercipta pada menit ke-80. Joel Kojo menyamakan skor 1-1 usai memanfaatkan blunder dua pemain Oman.

Kiper Ibrahim Al Mukhaini dan salah satu pemain belakang salah pengertian. Keduanya bertabrakan dan membuat Kojo leluasa melepaskan bola ke gawang yang kosong.

Waktu tambahan 12 menit diberikan, namun tidak ada gol tambahan tercipta. Skor imbang 1-1 bagi kedua tim bertahan hingga laga usai.

Hasil ini sangat menguntungkan Indonesia di Grup D. Pasalnya, Skuad Garuda dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Anak asuh Shin Tae-yong bertahan di peringkat keempat klasemen akhir peringkat ketiga terbaik di bawah Yordania, Palestina, dan Suriah. Alhasil, Indonesia mengamankan slot terakhir ke babak 16 besar.

Ini menjadi sejarah besar bagi sepak bola Indonesia. Tim Merah-Putih untuk pertama kalinya mampu lolos ke fase gugur sepanjang sejarah di Piala Asia.

Susunan Pemain:

Kirgiztan: Erzhan Tokotayev; Khristiyan Brauzman, Tamirlan Kozubaev, Suyuntbek Mamyraliev; Aleksandr Mishchenko, Bakhtiyar Duyshobekov, Odiljon Abdurakhmanov, Gulzhigit Alykulov; Farhat Musabekov; Ernist Batyrkanov, Joel Kojo

Pelatih: Stefan Tarkovic

Oman: Ibrahim Al-Mukhaini; Arshad Al-Alawi, Khalid Al-Braiki, Ahmed Al-Khamisi (Fahmi Durbin 31′), Ahmed Al-Kaabi; Jameel Al-Yahmadi, Harib Al-Saadi, Abdullah Fawaz; Salaah Al-Yahyaei; Abdulrahman Al-Meshifry, Muhsen Al-Ghassani

Pelatih: Branko Ivankovic

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *