pers-scaled.jpg
 20230731_193802.gif
 323276293_566466371650625_8427709249684468411_n-scaled.jpg

Manggar, Belitung Timur– Anaura Marfirsta  (15) pelajar SMA Negeri 1 Manggar lolos seleksi Parlemen Remaja tingkat SMA/MA/SMK tahun 2022. Anaura merupakan salah satu dari 132 peserta yang berhasil lolos dari ribuan pendaftar seluruh daerah pemilihan (dapil) di Indonesia dimana Dapil Bangka Belitung diwakili oleh 2 orang parlemen remaja.

Naura panggilan akrab Anaura sangat bangga bisa  mewakili dapil Provinsi Kepualauan Bangka Belitung.  Ia bersama 132 peserta pada 10-14 Oktober 2022 mendatang  akan mengikuti berbagai kegiatan parlemen di Cisarua Bogor sehingga memiliki kemampuan dan pengetahuan yang lebih luas terhadap kinerja parlemen.

“Saya senang terpilih menjadi Parlemen Remaja dengan seleksi yang ketat dari seluruh Indonesia. Nanti bulan Oktober 2022 mendatang kita akan mengikuti rangkaian acara parlemen dan akan merasakan simulasi menjadi Anggota DPR RI,” ungkap putri pasangan Bayu Priyambodo dan Suasty Calista ini.

Anaura menyampaikan ia dan seluruh peserta Parlemen Remaja 2022 akan mengikuti beragam kegiatan mulai dari dinamika kelompok, seminar mekanisme persidangan DPR RI, pembukaan simulasi persidangan, rapat dengar pendapat umum, latihan simulasi rapat kerja DPR RI, seminar pembekalan, latihan simulasi rapat paripurna.

Sesuai tema Parlemen Remaja tahun 2022 adalah ‘Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku’, Naura mengungkapkan tema ini sangat tepat untuk melindungi data pribadi di era teknologi informasi karena data menjadi aset yang sangat berharga.

“Perlindungan data pribadi sangat penting apalagi zaman sekarang semua orang menggunakan internet. Untuk menghindari penyalahgunaan atau kebocoran data yang dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, perlu dilengkapi dengan peraturan-peraturan yang mendukung seperti Rancangan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi,” ujar anak pertama dari 3 bersaudara ini saat ditemui disela-sela Seminar, talkshow, dan Pagelaran Seni 42 tahun SMAN 1 Manggar di Gedung Auditorium Zahari Mz, Manggar, Rabu (31/8).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Manggar Sabarudin mengungkapkan rasa bangga atas prestasi Anaura menjadi Parlemen Remaja 2022.

“Bangga dan senang karena dua tahun berturut-turut SMA Negeri 1 Manggar terpilih dan mewakili Provinsi Babel untuk Parlemen Remaja,” ujar Sabarudin di Gedung Auditorium Zahari Mz, Manggar (31/8).

Sabarudin mengungkapkan Parlemen Remaja merupakan wadah pembelajaran politik bagi generasi muda khususnya pelajar SMA dan sederajat di seluruh Indonesia. Mereka akan dibekali pengalaman yang menarik tentang perpolitikan dan akan diberi kesempatan berperan sebagai Anggota DPR RI.

“Diharapkan generasi muda dapat lebih meningkat pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia. Juga dapat menambah wawasan dan pengalaman melalui pelaksanaan simulasi Parlemen,” tutur Sabarudin.

Disisi lain, Suasty Calista orangtua dari naura sangat bangga prestasi buah hatinya.

“Kami sebagai orangtuanya sangat bangga atas prestasi Naura. Itu semua keinginannya untuk maju dan Alhamdulillah berhasil. Kami orangtua mendukung penuh dan mengarahkan supaya naura bisa sukses. Semoga bisa menjadi pengalaman berharga untuk bekal Naura meraih cita-cita,” kata Calista. (ver)

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *